Kalahkan Rusia, China Produsen Senjata Terbesar Kedua di Dunia

Pesawat-pesawat tempur militer China saat menjalani latihan untuk peringatan 70 tahun berdirina Republik Rakyat China 22 September 2019. Foto/REUTERS

TRANSKEPRI.COM. STOCKHOLM - Industri senjata China telah menjadikan negara Asia ini menjadi produsen amunisi terbesar kedua di dunia. Setelah satu dekade mengandalkan impor, negara itu kini menggeser posisi Rusia.

Laporan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada Senin (27/1/2020) menunjukkan bahwa produksi senjata China—yang sebelumnya telah diselimuti misteri karena kurangnya transparansi—telah tumbuh karena tiga dari 10 perusahaan senjata top dunia adalah China.

"Kita dapat dengan yakin mengatakan bahwa China adalah produsen senjata terbesar kedua di dunia, di belakang Amerika Serikat dan di depan Rusia," kata Nan Tian, ??penulis laporan itu, kepada AFP.

Namun laporan SIPRI, kurangnya transparansi tetap menjadi "peringatan penting" ketika mempelajari industri senjata Beijing.

Sebagian besar dari amunisi negeri Tirai Bambu diperkirakan bernilai USD70-USD80 miliar dijual setiap tahun dibeli oleh cabang-cabang Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China yang berbeda.

Data SIPRI juga merupakan perubahan dramatis selama 10 tahun terakhir karena China di masa lalu adalah importir besar senjata dari Rusia dan Ukraina.

"Mereka tidak perlu lagi bergantung pada negara lain untuk senjata mereka," kata Tian.

Perusahaan-perusahaan senjata China juga jauh lebih terspesialisasi daripada rekan-rekan internasional mereka.

Aviation Industry Corporation of China (AVIC), perusahaan persenjataan terbesar di negara itu, misalnya, sebagian besar memproduksi pesawat terbang dan avionik. Sedangkan sebagian besar produsen non-China mencakup berbagai produk militer.

Para peneliti SIPRI sebelumnya telah berjuang untuk mendapatkan data yang dapat diandalkan tentang ukuran industri persenjataan China, karena para produsen semuanya adalah badan usaha milik negara.

"Semuanya terkunci di bawah istilah keamanan nasional," kata Tian.

Dalam laporan tersebut para peneliti telah melihat ke empat perusahaan China tertentu, yang semuanya berada di peringkat 20 besar dunia. "Dengan peningkatan data yang tersedia pada perusahaan-perusahaan ini sekarang mungkin untuk mengembangkan perkiraan skala yang cukup andal dari skala industri senjata China," bunyi laporan tersebut.

Meskipun tidak ada statistik resmi tentang ekspor senjata China, laporan SIPRI mencatat bahwa industri senjata China telah berkembang ke titik di mana ada peningkatan permintaan untuk senjata di luar negeri. SIPRI memperkirakan China sebagai eksportir senjata terbesar kelima di dunia.

Secara khusus Tian mengatakan bahwa salah satu kisah sukses China sebagai pengekspor senjata telah berada di ranah Unmanned Aerial Vehicle (UAV)—biasa dikenal sebagai drone—yang telah digunakan dalam konflik di Libya dan Yaman.

Semakin banyak ekspor senjata meningkatkan risiko proliferasi senjata, tetapi masuknya China ke dunia penjualan senjata menjadi perhatian khusus bagi para peneliti karena Beijing belum menandatangani banyak peraturan pengendalian senjata yang ada, termasuk Perjanjian Perdagangan Senjata yang disetujui oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2013.

"Tidak ada sistem mengikat yang dapat meminta pertanggungjawaban China dan para eksportir ini," kata Tian. (ssb)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar