Kenali Cara Menjaga Tubuh dari Pilek pada Cuaca Tak Menentu

Ilustrasi flu parah

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA -Kondisi perubahan cuaca yang sering terjadi belakangan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi banyak orang, terutama yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dapat menyebabkan munculnya flu, pilek, dan demam.

Cara terbaik untuk menghentikan pilek atau demam saat perubahan cuaca adalah dengan langsung memberikan perawatan dan melakukan tindakan ketika kamu baru saja mengalami gejala-gejalanya. Berikut adalah gejala pilek atau demam biasa yang disebabkan oleh perubahan cuaca, seperti dilansir oleh Health Me Up.
- Lendir mulai menumpuk pada hidung. Hidung terasa penuh, baik oleh kotoran dari udara maupun oleh lendir.
- Sakit tenggorokan.
- Batuk.
- Bersin-bersin.
- Pembengkakan pada bagian sinus.
- Sakit kepala.
- Merasa cepat lelah dan tidak bertenaga.

Jika mendapati gejala-gejala awal pilek di atas, segera lakukan tindakan sebagai berikut:

1. Jangan menutup mulut dengan tangan saat bersin, karena nantinya kamu akan menggunakan telapak tangan untuk beraktivitas. Ini akan menyebarkan virus ke mana-mana. Gunakan lekukan siku kamu atau lengan baju untuk menutup mulut saat bersin. Lalu, selalu bersihkan tangan dengan hand-sanitizer untuk menjaga kebersihan dan membunuh kuman virus.

2. Minum banyak air untuk melawan kuman dan bakteri yang mulai berkumpul dalam tubuh.
Hal Lain yang harus Dilakukan
3. Cara terbaik untuk mencegah pilek dan demam adalah dengan meningkatkan konsumsi vitamin A, C, B kompleks, dan E. Vitamin-vitamin ini bisa didapatkan melalui sayur dan buah-buahan.

4. Cuci tangan kamu lebih sering dan hindari menyentuh wajah. Jika kamu memiliki kebiasaan menyentuh wajah, hilangkan mulai sekarang. Jika tak ada air dan sabun, gunakan hand sanitizer.

5. stres juga bisa membuat gejala pilek dan demam semakin parah. Karena itu, kurangi stres dan buat diri kamu senang.
6. Kurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol. Ketika mengalami gejala pilek atau demam, sebaiknya hindari kebiasaan yang tak menyehatkan seperti merokok dan minum alkohol.

Beberapa hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah pilek saat musim tak menentu seperti sekarang. Konsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk menjauhkan datangnya berbagai penyakit ini.  (mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar