Tanpa Melepas Lensa Kontak Saat Tidur, Ini yang Terjadi

Ilustrasi lensa kontak

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Tidur dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak merupakan suatu hal mengganggu dan menyebalkan untuk dilakukan. Namun kadang karena kondisi tubuh yang terlalu lelah dan kantuk yang terlalu hebat, hal ini bisa saja terjadi.

Khusus untuk lensa kontak, tidur dengan memakainya tidak hanya menyebalkan namun juga berbahaya. Sejumlah dampak mengerikan bisa terjadi ketika pada mata ketika tidur menggunakan lensa kontak ini.
Dilansir dari Greatist, penggunaan lensa kontak ini bisa membuat kornea kesulitan untuk bernapas. Patut diketahui, kornea merupakan satu-satunya jaringan transparan di tubuh yang memperoleh oksigen dari udara.
Hal ini membuat ketika kamu menggunakan lensa kontak, maka asupan oksigen menjadi menurun dan menutup mata membuat jumlahnya semakin menurun. Kerry Assil, M.D, dokter mata dari Assil Eye Institute, Los Angeles menyatakan bahwa oksigen bisa berkurang secara kritis.

Tanpa oksigen, kornea bakal membengkak dan lebih menonjol, hal ini bisa memunculkan celah yang membuat bakteri bisa menyusup masuk. Bakteri ini bisa meningkatkan risiko infeksi mata hingga tujuh kali lipat. Kondisi mata yang tak memiliki sistem kekebalan tubuh yang sama bisa membuat kondisinya memburuk semakin cepat.

Selain itu, terdapat kemungkinan juga bahwa lensa kontak yang kamu gunakan mengandung bakteri. Hal ini bisa semakin memperburuk kondisimu dan membuat mata memburuk.
Masalah Muncul Ketika Mata Tertutup
Masalah yang terjadi ini bisa muncul selama mata tertutup. Semakin lama mata tertutup baik untuk tidur atau hal lainnya, maka semakin tinggi risiko yang bisa kamu alami dari kondisi ini.

Ketika kamu menggunakan lensa kontak, setiap kedipan yang kamu lakukan bisa menyebabkan sedikit abrasi. Tidur dengan menggunakan lensa kontak juga bisa memperburuk kondisi mata dalam jangka panjang.

Setiap tahun, seseorang setidaknya berkedip sebanyak tiga juta kali dan setiap kedipan yang kamu lakukan bisa menimbulkan abrasi. Seiring waktu, hal ini bisa berdampak buruk pada mata.
Seiring waktu, lapisan dalam mata bakal semakin berubah karena gesekan ini dan kesulitan memperoleh kondisi lubrikasi yang sama. Hal ini bakal semakin parah ketika kamu menggunakan lensa kontak ketika tidur.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan lupa untuk melepas lensa kontak sebelum tidur. Selain itu, kurangi juga penggunaannya pada kehidupan sehari-hari untuk mencegah masalah pada mata. (mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar