Menkes: Virus Corona Tidak Terkait Kelelawar

Virus Corona

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA– Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan belum ada ditemukan satu pun kasus virus Corona di Indonesia. "Enggak ada yang di-suspect (dicurigai terkesan virus Corona)," ujarnya kepada wartawan usai mengikuti acara Ramah Tamah dan Silaturahim di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Sulsel, Minggu 26 Januari 2020.

Terawan memastikan, pemerintah sudah siap menghadapi dan mengantisipasi segala kemungkinan tentang ancaman virus Corona. "Sudah siap semua. KKP (kantor kesehatan pelabuhan), sudah siap semua," ujarnya.

Selain itu, Terawan menegaskan, virus Corona tidak ada kaitannya dengan hewan kelelawar. "Tidak ada hoax itu. Dikaitkan dengan kelelawar segala. Tidak ada itu," katanya.

Dari lokasi itu, Terawan yang sebelumnya juga mendapat jamuan di Baruga Andi Pangeran Pettarani, Universitas Hasanuddin, langsung melanjutkan kunjungan kerja ke Manado, Sulawesi Utara, daerah yang santer diisukan menyebarnya virus Corona.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Makassar, Naysiah Tun Azikin, membantah isu yang berkembang dan menyebut Rumah Sakit Wahidin sedang menerima pasien yang tertular virus Corona.

Dia menyebut, memang ada pasien ke Rumah Sakit Wahidin, Sabtu kemarin dan memeriksakan diri karena khawatir tertular virus Corona sebab yang bersangkutan diketahui baru pulang kunjungan dari China.

"Setelah petugas rumah sakit melakukan pemeriksaan, ternyata bukan (virus corona). Pasien ini hanya terkena ISPA (inpeksi saluran pernapasan)," terang Naisyah. (009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar