Cara Menurunkan Berat Badan yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Duduk

Ilustrasi duduk

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - Pada masa saat ini, gaya hidup yang dimiliki seseorang sudah cenderung buruk dan kurang gerak. Hal ini bisa bertambah buruk lagi terutama pada masa pandemi ketika kita lebih banyak berdiam di rumah.

Hal ini bisa semakin buruk terutama jika kamu merupakan orang yang jarang berolahraga dan lebih banyak diam. Selain kurangnya aktivitas, kamu bisa lebih sering makan dan mudah merasa lelah di masa seperti ini.

Hal ini bukannya tak mungkin bisa membuatmu jadi semakin gemuk seiring waktu. Selain itu, kondisi ini juga sangat tidak ideal bagi kesehatan tubuhmu.

Patut diketahui bahwa sesungguhnya tubuh membakar kalori melalui berbagai cara yang berbeda. Kalori bisa terbakar karena aktivitas atau bahkan pada saat beristirahat.

Selain melalui konsumsi makanan sehat sadar kalori, salah satu cara menurunkan kalori adalah melalui meningkatkan metabolisme. Hal ini bahkan bisa diraih dengan hanya duduk saja. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah cara menurunkan berat badan hanya dengan duduk.
1. Postur Tubuh Tegak saat Duduk

Ketika kamu duduk tegak, setidaknya kamu bisa melatih otot pada tubuh bagian atas, pundak, serta punggung. Cara ini bisa memperkuat inti tubuh dan membakar kalori karena kamu meningkatkan tekanan dalam cara menjaga punggung tetap tegak.

Bahkan melibatkan otot tubuh ketika beristirahat juga bisa membantu. Cara ini bakal lebih baik jika sesekali kamu berdiri dari kursi dan sedikit berjalan.

2. Melakukan Olahraga di Meja

Pada saat duduk bukan berarti kamu tidak dapat berolahraga. Aktif secara fisik atau melatih inti otot bisa menjadi cara yang tepat untuk menurunkan efek samping dari gaya hidup kurang gerak.

Kamu bisa melakukan berbagai olahraga yang sederhana seperti peregangan, pushup, atau sguat di kursi. Kamu bisa menggunakan excercise ball, olahraga pernapasan, serta yoga ketika duduk agar bisa menurunkan berat badan secara efektif.
3. Turunkan Suhu Ruangan

Berada di ruangan dengan suhu dingin bisa berdampak baik. Ruangan dengan udara dingin bisa menjaga metabolisme tetap tinggi serta membantu membakar lemak yang tersimpan di bagian perut.

Penelitian juga mengungkap bahwa menurunkan suhu ruangan bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Sejumlah dampak ini bisa membantu menjaga kesehatan serta menurunkan berat badan dengan hanya duduk.

4. Konsumsi Lebih Banyak Air

Selain memperhatikan asupan makanan sehat yang kamu konsumsi, cukupnya air minum juga perlu diperhatikan. Hal ini bisa sangat berdampak untuk menurunkan berat badan.

Air tidak hanya membantu mengeluarkan racun dari tubuh, hal ini juga bisa membantu mengatur pencernaan. Konsumsi cukup air bisa membantu lebih cepat dalam membakar kalori serta kalori dalam tubuh yang lebih sedikit.

5. Banyak Tertawa
Tertawa merupakan cara menyenangkan dan mudah untuk membakar kalori lebih cepat. Sebuah penelitian mengungkap bahwa tertawa bisa meningkatkan detak jantung dan menyerap energi sehingga kamu bisa membakar lebih banyak kalori.

Walau kamu tidak bisa memaksa untuk tertawa setiap saat, namun hal ini bisa coba kamu lakukan beberapa kali dalam sehati. Kamu bisa menonton tv atau telepon dan berbincang dengat teman untuk memperoleh manfaat ini.

Cara mudah ini bisa membantu untuk membakar kalori dalam tubuh hanya dengan duduk. Hal ini patut terus coba dilakukan terutama ketika kamu lebih banyak berdiam di rumah. (mrdk)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar