Dinilai Sukses, Wapres Resmi Tutup PON XX Papua

Wapres, KH Makruf Amin saat menutup PON XX Papua

TRANSKEPRI.COM.PAPUA- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menutup penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Papua. Ma'ruf Amin menyampaikan kebanggaannya karena pemerintah dan masyarakat Papua telah berhasil menyelenggarakan PON dengan berhasil.

“Papua, sa cinta ko,” ujar Ma'ruf Amin memulai sambutannya dalam penutupan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Wakil Presiden menyampaikan selamat dan apresiasi kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses.

“Sejarah akan mencatat bahwa PON yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cendrawasih tanah Papua berlangsung dengan sukses,” kata Ma'ruf Amin.

Wapres menyatakan terharu atas dedikasi dari masyarakat dan pemda Papua yang telah bahu-membahu menyiapkan dan menyelenggarakan PON.

Menurut Wapres, ada sejumlah catatatan penting yang membuat penyelenggaran PON XX Papua sebenarnya tidak mudah dilaksanakan.

Pertama ialah pembangunan infrastruktur yang masif, berstandar dan berkualitas internasional.

Lokasi antar venue olahraga pun tersebar dari Jayapura, Mimika hingga Merauke. “Jarak antar satu venue ke venue lainnya, terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON,” tutur Ma'ruf Amin.

Kesulitan lainnya, imbuh Wapres, lantaran PON dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Hal ini menuntut kerja ekstra keras dan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

Karena itu, dia menilai PON XX Papua adalah PON tersulit yang pernah diselenggarakan.

Namun, meski demikian, Wapres Ma'ruf menegaskan, masyarakat Papua telah berhasil menyelenggarakannya.

“Tapi ternyata warga Papua, bukan saja mampu menyelenggarakannya. Tapi ternyata, warga Papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna,” ungkapnya memuji.

Keberhasilan tersebut, menurut Ma'aruf, sesuai dengan semboyan penyelenggaraan PON XX yaitu “Torang Bisa”.

“Torang bisa bukan hanya semboyan, tetapi nyata dan terbukti,” kata Wapres.

Di akhir sambutannya, Wapres menyampaikan sebuah pantun.

Trada papua tra asik, mari tong menyanyi sampai berisik.

Semoga Papua tambah cantik, deng pembangunan paling terbaik.” (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar