Kembangkan Usaha, BUMDes Harapan Mandiri Bangun Unit Usaha Penyalur BBM

BUMDes Harapan Mandiri

TRANSKEPRI.COM.TELUK KUANTAN - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Harapan Mandiri Desa Sungai Keranji Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing terus menunjukkan perkembangan usaha. Selain memiliki unit usaha Toserba dan agen penjualan tiket Bus Jawa-Sumatera, BUMDes tersebut saat ini tengah mendirikan unit usaha Pertamina Desa (Pertades).

Kepala Desa Sungai Keranji Tasimin Sutrisno mengatakan, saat ini Pertades tersebut dalam pengerjaan pembangunan kontruksi. Pertades merupakan usaha kemitraan Pemerintah Desa melalui BUMDes dengan pihak ketiga untuk penyaluran bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat khusus diwilayah Desa.

"Selain dari usaha Toserba dan penjualan tiket bus, saat ini BUMDes Harapan Mandiri  juga tengah membangun unit usaha baru bisa dikatakan namanya SPBU Mini Desa. Usaha ini nanti dioperasikan oleh BUMDes dengan pola kemitraan dengan pihak ketiga," ujar Tasimin, Senin (4/10/2021).

Menurut Tasimin, pendirian Pertades ini dengan tujuan nantinya masyarakat bisa mendapatkan BBM berkualitas dengan harga standar seperti yang dijual di tempat pengisian BBM yang ada di kota-kota. Di Desa Sungai Keranji lanjut Tasimin, usaha Pertades ini dinilai cukup potensial karena selama ini masyarakat terkadang kesulitan mendapatkan BBM.

"Usaha penyalur BBM atau Pertades ini didirikan di lahan milik desa dan lokasinya berada dijalan umum desa. Nanti kalau usaha Pertades ini sudah berjalan pastinya akan mendatangkan pendapatan tambahan bagi BUMDes. Ini sebagai wujud komitmen kita memajukan desa," jelasnya.

Adapun BBM yang akan dijual Pertades ini tambah Tasimin yaitu, BBM jenis pertalite dan solar. Dua jenis produk BBM yang disediakan Pertades tersebut akan menjadi solusi memenuhi kebutuhan BBM masyarakat karena memiliki kualitas pom tera yang pengujian dilakukan secara berkala.

Tasimin berharap, BUMDes Harapan Mandiri berjalan dengan baik dan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan perekonomian masyarakat Desa Sungai Keranji itu sendiri."Untuk kemajuan Desa tentunya akan terus kita dorong pengembangan berbagai unit usaha yang dijalankan oleh pengelola BUMDes ini," ungkapnya. (hen).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar