Asteroid Sebesar Big Ben Akan Melintasi Bumi Minggu Depan

Asteroid 1998 SD9 akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi pada 6 Oktober 2021 mendatang. Foto/dok

TRANSKEPRI.COM, JAKARTA - NASA mendeteksi sebuah asteroid sebesar Big Ben yang diperkirakan akan meluncur mendekati bumi minggu depan. Diprediksi asteroid tersebut akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi pada 6 Oktober 2021 mendatang.

Dilansir dari Express.co.uk, Sabtu (2/10/2221), asteroid yang akan mendekati bumi itu dinamakan Asteroid 1998 SD9 dengan ukuran sekitar 144 dan 325 kaki. Sebagai perbandingan, Big Ben di London berukuran 315 kaki.

Asteroid ini sudah terdeteksi NASA beberapa minggu sebelumnya. NASA mengeluarkan peringatan karena setiap objek luar angkasa yang bergerak cepat dengan jarak 4,65 juta mil di sekitar Bumi dianggap berpotensi berbahaya.Dijadwalkan pada 6 Oktober, asteroid 1998 SD9 akan mendekati Bumi tetapi hanya dari jarak aman 2,5 juta mil. NASA melihat lintasan terdekatnya ke bumi sekitar pukul 19:53 UTC.

Sebelumnya, bumi juga baru saja dilintasi asteroid 2021 SG berukuran setengah dari Piramida Mesir pada 16 September 2021 lalu karena tidak terdeteksi NASA.

NASA mengaku mengalami masalah untuk memantau asteroid 2021 SG karena datang dari titik buta semua ilmuwan, yakni matahari. Ketika asteroid datang dari arah matahari akan sangat sulit untuk dilihat karena sinarnya menghalangi pandangan.

Dengan semua alat yang dimiliki para ilmuwan untuk mendeteksi asteroid, NASA saat ini tidak memiliki cara untuk mendeteksi  asteroid yang dekat dengan matahari.
“Cepat atau lambat kita akan mendapatkan dampak kecil atau besar dari asteroid,” kata Rolf Densing, yang mengepalai Pusat Operasi Luar Angkasa Eropa (ESOC) di Darmstadt kepada AFP.
Kendati begitu Densing memastikan itu tidak terjadi dalam waktu dekat. Namun risiko bahwa Bumi akan terkena bencana dahsyat dari asteroid suatu hari nanti sangat tinggi.
(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar