Sembang Media, Undang Wartawan Senior dan Media Terkemuka, Momen Gubernur Sampaikan Kinerja

Plt Kabiro Humprohub Kepri, Hasan, S.Sos

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung (Humprohub) Pemprov Kepri Hasan, S.Sos berterimakasih kepada seluruh awak media di Kepulauan Riau yang selama ini sudah menjalankan fungsinya dengan baik sebagai kontrol sosial, penyaji informasi, memberikan edukasi dan hiburan kepada masyararakat dengan berpegang pada kode etik jurnalistik yang tertuang dalan Undang-Undang Pers nomor 40 tahun 1999. 

Menurut Hasan, setiap lembaga, baik lembaga pemerintahan maupun swasta, menjalin hubungan baik dengan pers adalah sebuah keharusan, yang dibangun melalui humas atau public relations (PR) nya. 

"Banyak cara untuk menjaga hubungan baik dengan media. Yang sudah kita lakukan di antaranya road show ke kantor-kantor media, kemudian temu muka dengan wartawan yang kita beri judul Sembang Media dengan sub tema Untuk Kepri Makmur, Berdaya Saing dan Berbudaya," kata Hasan. 

Kegiatan road show ke kantor-kantor media dan temu wartawan yang diberi judul sembang media, diakui Hasan sudah menjadi agenda Biro Humas, Protokol dan Penghubung dan dalam pelaksanaannya mendapatkan sambutan positif dari media itu sendiri. 

Khusus untuk kegiatan sembang media, Hasan mengaku kesulitan menentukan jadwal pelaksanaanya, mengingat padatnya agenda kerja Gubernur. Akhirnya kegiatan sembang media diputuskan dilaksanakan di Batam dengan menyesuaikan agenda Gubernur. Dan wajar saat hadir dalam acara ini Gubernur masih memakai atribut kerja lengkap. 

"Kita gagas secara spontan, menyesuaikan agenda Gubernur. Wajar saja jika Gubernur saat hadir dalam acara sembang media waktu itu masih mengenakan seragam kerja lengkap," jelas Hasan.

Hasan yang bertindak sebagai moderator dalam kegiatan yang diselenggarakan, Senin (9/8) di Harmoni Hotel, Batam waktu itu, tidak membatasi jenis pertanyaan seperti apa yang boleh ditanyakan oleh wartawan kepada Gubernur. 

"Yang kita undang merupakan wartawan-wartawan senior. Dan tidak etis jika pertanyaannya kita tentukan. Sebagai moderator, saya sampaikan bahwa Sembang media ini dengan mengedepankan tema menyangkut pembangunan Pemprov Kepri, apa saja yang sudah dilakukan, yang sedang berjalan dan apa yang akan dilakukan. Tentu saja, seharusnya pertanyaannya kearah itu. Dan bukan soal politik dan sebagainya," kata Hasan 

Bahkan Hasan juga tidak memprediksi jika ditengah jalannya sesi tanya jawab, salah seorang wartawan menanyakan terkait hubungan antara Gubernur dan Wakil Gubernur. 

"Ini diluar prediksi kami. Dan mengingat pertanyaan disampaikan di sebuah forum, yang dihadiri puluhan wartawan dari media terkemuka. Mau tidak mau, Gubernur menjawab pertanyaan tersebut," terang Hasan.

Ditegaskan Hasan lagi, dalam kesempatan tersebut Gubernur konteksnya hanya menjawab pertanyaan wartawan. 

"Dalam forum sembang media waktu itu  wartawan bebas bertanya selama masih berkaitan dengan tema yang kita usung. Namun bagaimanapun juga, kita tidak bisa mensortir satu demi satu isi kepala setiap wartawan terkait jenis pertanyaan yang akan disampaikan," katanya lagi, Kamis (12/8). 

Mengulangi ucapannya, Hasan berterimakasih kepada seluruh awak media yang sudah menjalankan fungsinya dengan profesional. Hasan mengaku tidak menyalahkan siapapun atas apapun yang sudah berlangsung. 

"Apapun yang sudah terjadi, baik dan buruknya akan jadi pelajaran berharga bagi kami. Kita semua harus yakin, apapun yang sudah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi, semua atas kehendak-Nya," pungkas Hasan. ***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar