Awas! Gelombang Hingga Enam Meter Berpotensi Terjadi di Laut Selatan Yogya hingga Tiga Hari ke Depan

Awas! Gelombang Hingga Enam Meter Berpotensi Terjadi di Laut Selatan Yogya hingga Tiga Hari ke Depan

TRANSKEPRI.COM, YOGYAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) memperkirakan gelombang tinggi masih bakal terjadi di perairan selatan Yogyakarta. Tinggi gelombang laut mulai 31 Juli hingga 2 Agustus mendatang, diperkirakan antara 4 meter hingga 6 meter.

Dalam peringatan yang dikeluarkan BMKG, gelombang dengan ketinggian antara 4 hingga 6 meter ini, berpotensi terjadi di semua perairan selatan Jawa, baik Jawa barat, Jawa Tengah Hingga samudra Hindia di selatan DIY.

"Peringatan ini berlaku mukai 32 Juki 2021 pukul 19.00 WiB, hibgga tanggal 2 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB, ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wukung Cilacap Feriharti Nugrohowati, Jumat (30/7/2021).
Dijelaskannya, kondisi perairan di samudera hindia pada umumnya berawan, berpotensi hujan ringan dan sedang. Angin bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 6 - 25 knot.

Sementara Koordinator SAR Pantai Baron Gunungkidul Marjono memgatakan sudah melakukan antisipasi sejak beberapa waktu lalu. Kondisi laut diakuinya sedang tidak bersahabat untuk aktivitas di pantai. Semua kapal nelayan juga sudah dijauhkan dari bibir pantai.

"Beberapa warung makan di bibir pantai seperti pantai Drini Jumat oagi rusak karena gelombang tinggi. Begitu juga di pantai Jungwok ada warung yang rusak juga," katanya. Dengan kondisi ini, SAR sudah menyampaikan kepada nelayan untuk menghentikan aktivitas melaut karena membahayakan, "pungkasnya.(net)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar