Gempa Berkekuatan M 6,7 Guncang Filiphina

Ilustrasi: Gempa

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang Pulau Luzon, Filipina. Pihak berwenang setempat mengatakan belum ada laporan kerusakan akibat gempa itu.

Dilansir dari AFP, Sabtu (24/7/2021), gempa berkekuatan 6,7 melanda pulau utama Luzon pada pukul 4:48 (2048 GMT) pada kedalaman 112 kilometer (70 mil), kata USGS.

Gempa susulan juga terjadi beberapa menit kemudian dengan gempa berkekuatan 5,8 di wilayah yang sama.

Ronnie mengatakan kondisi sedang hujan deras ketika gempa terjadi. Menurutnya, masyarakat tidak terlalu panik akan gempa itu, karena sudah terbiasa dengan adanya gempa di wilayah tersebut."Ini sangat kuat, kami khawatir," kata polisi Mayor Ronnie Aurellano di kotamadya Calatagan, provinsi Batangas, yang terletak di selatan Manila dan dekat pusat gempa.

"Hujannya juga sangat deras di sini, tetapi orang-orang kami di sini sudah terbiasa dengan gempa. Mereka sadar akan merunduk, menahan, dan melindungi ketika ada gempa," ujarnya.

Kepulauan ini secara teratur diguncang gempa karena lokasinya di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang dari Jepang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik. Sementara, Badan seismologi Filipina mengatakan tidak memperkirakan kerusakan. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar