Lapas Perempuan Batam Luncurkan Situs SiPerawan

Peluncuran SiPerawan

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Berkomitmen Meningkatkan Pelayanan Pengurusan Integrasi, Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Batam Luncurkan Situs SiPerawan Lapertam sebagai Implementasi Proyek Perubahan.

Si Perawan Lapertam singkatan dari Sistem Informasi Pengurusan Integrasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIB Batam merupakan Inovasi Unggulan  dari Lapas Perempuan Batam bidang Pembinaan WBP. 

SiPerawan Lapertam pada awal pembentukan merupakan sebuah Grup WhatsApp bagi Keluarga WBP yang sudah dapat melakukan pengurusan integrasi karena telah memenuhi syarat substantif. Melalui grup whatsApp tersebut keluarga dapat bertanya dan mendapatkan formulir mengenai pengurusan Integrasi melalui grup tersebut. 

Seiring berjalan waktu, grup whatsApp SiPerawan Lapertam semakin populer karena memudahkan keluarga WBP karena tidak perlu pulang-pergi mengantar berkas pengurusan.

Namun dibalik hal itu, grup whatsApp tidak bersifat publik karena perlu proses untuk menambahkan data kontak keluarga kedalam grup serta melakukan pengulangan penjelasan informasi pengurusan. 

Oleh karena itu, Kepala Lapas Perempuan kelas IIB Batam, Ike Rahmawati menggarap Proyek Perubahan dengan topik mengembangkan grup whatsApp SiPerawan Lapertam menjadi sebuah situs stabil dan publik. 

Melalui situs http://www.siperawanlapertam.com , Keluarga Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas IIB Batam dapat mencari informasi mengenai Pengurusan Integrasi bagi Keluarga yang sedang menjalankan masa Pidana di Lapas Perempuan Kelas IIB Batam. 

Keluarga WBP yang telah dapat melakukan pengurusan Integrasi akan dapat melihat informasi tersebut, melihat persyaratan, mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan, mengunduh serta mengirimkan berkas melalui situs SiPerawan Lapertam. Verifikasi berkas juga dilakukan secara online dan dapat dilihat langsung oleh Keluarga WBP melalui situs tersebut. Berkas yang telah lulus verifikasi dapat dikirim langsung ke Lapas Perempuan Kelas IIB Batam.

Tidak hanya mengenai pengurusan integrasi, Situs SiPerawan Lapertam juga memuat berita pengumuman serta wadah bagi Keluarga untuk menyampaikan kritik atau saran untuk perbaikan pelayanan Lapas Perempuan Batam kedepannya. 

Selain memudahkan keluarga WBP, Situs SiPerawan Lapertam juga mendukung pelayanan berbasis digital (e-government) mengingat situasi pandemi seperti ini, Teknologi Informasi membantu proses pelayanan dapat berjalan walaupun tidak melakukan interaksi langsung. 

Situs Siperawan Lapertam telah gencar disosialisasikan baik kepada keluarga maupun WBP. Harapan kedepannya, Situs Siperawan Lapertam dapat terus dikembangkan sehingga memberikan manfaat yang baik untuk  keluarga WBP, masyarakat ataupun organisasi. (ely)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar