Kampung Bulang Dinobatkan sebagai Kelurahan Cantik Tingkat Nasional

Kantor Kelurahan Kampung Bulang, Tanjungpinang

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG - Kelurahan Kampung Bulang menjadi satu dari seratus desa/kelurahan di Indonesia yang ditetapkan sebagai  Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) program Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang.

Kepala BPS Kota Tanjungpinang, Mangamputua Gultom menjelaskan program desa cantik ini tujuannya adalah untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa/kelurahan agar mampu memahami tentang statistik.

"Lewat program ini, diharapkan apatur desa/kelurahan mampu memahami statistik dengan lebih baik sekaligus dapat menjadi pelopor untuk melahirkan komunitas cinta statistik di desa/kelurahan mereka masing-masing," ucapnya.

Hal itu disampaikan Mangamputua Goltom dalam rapat koordinasi indentifikasi kebutuhan data desa di kelurahan Kampung Bulang, Kamis (24/6/2021).

Ia menjelaskan, tahun 2021, BPS melakukan pembinaan desa cantik untuk 100 desa di Indonesia. Di Kepri ada dua desa/kelurahan yang masuk percontohan desa cantik 2021 yaitu, Desa Sri Tanjung kabupaten kepulauan Anambas dan Kelurahan Kampung Bulang Kota Tanjungpinang.

Sekarang baru sekitar 100 desa saja yang terpilih untuk didukung oleh BPS dalam pelaksanaan program desa cantik ini.

Namun, BPS berharap nantinya program ini saat sudah benar-benar kuat akan menyebar ke desa-desa yang lain dan pada akhirnya akan mencakup seluruh desa di Indonesia.

"Sehingga nanti, program ini akan membantu untuk mewujudkan satu data Indonesia," sebut dia.

Dengan terpilihnya kelurahan Kampung Bulang sebagai desa cantik. Ia berharap dapat menjadi tonggak dan pendorong bagi pembangunan desa/kelurahan yang berkelanjutan sesuai dengan terget SDG’s Desa.

Pembangunan desa/kelurahan berkelanjutan tentu saja membutuhkan kerjasama semua pihak yang dimulai dengan memperbaiki kualitas data yang dimiliki.

"Sehingga setiap langkah atau program yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah desa/kelurahan menjadi tepat sasaran dan mampu menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya," ujarnya.

Di tempat terpisah, Lurah Kampung Bulang, Roni Syahputra mengaku bersyukur sekaligus bangga karena kelurahan kampung bulang masuk 100 desa/kelurahan terpilih di Indonesia dalam program desa cantik.

"Ini sangat luar biasa, kami diberikan kepercayaan oleh BPS kota/provinsi/pusat. Tentu, ini menjadi semangat kami untuk menunjukkan bahwa kelurahan kampung bulang layak ditetapkan sebagai desa/kelurahan cantik," tutur Roni.

Untuk persiapan, kelurahan bersama kecamatan, BPS, bappelitbang, dan dinas kominfo telah membahas sejumlah langkah persiapan menuju desa cantik.

"Alhamdulillah, tadi sudah kita rapatkan. Insyaallah dalam waktu dekat akan kita siapkan segala sesuatunya mulai dari identifikasi kebutuhan, pembekalan dan juga pendampingan," paparnya.

Roni meminta dukungan dan doa agar kelurahan kampung bulang dapat menjalankan program ini dengan lancar.

"Semoga kelurahan kampung bulang sukses menjalankan desa/kelurahan cantik ini. Sehingga bisa menjadi role model untuk desa/kelurahan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Ruli Friady menyatakan siap membantu kelurahan kampung bulang dalam pembinaan data sektoral, karena dinas kominfo merupakan wali data kota Tanjungpinang.

Selain itu, kita juga siap membantu pengembangan website maupun aplikasi desa cantik,"Silakan datang ke kominfo, kami siap bantu," katanta.***


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar