BMKG Koreksi Gempa yang Berpusat di Nias Barat Menjadi M 6,7

Ilustrasi: Gempa

TRANSKEPRI.COM.MEDAN- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengoreksi kekuatan gempa bumi di Kabupaten Nias Barat menjadi magnitudo 6,7 dari yang semula magnitudo 7,2 pada Jumat (14.5).

Gempa tektonik yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera itu terjadi pada 13.30 WIB. BMKG mencatat episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 0,2 LU dan 96,69 BT atau berada di laut berjarak 125 km arah barat daya Kota Lahomi, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG melansir guncangan gempa itu terasa dengan skala MMI III-IV di seluruh wilayah Pulau Nias. Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami."Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M=7,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=6,7," tulis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno melalui keterangan tertulis, Jumat (14/5).

Gempa dengan skala MMI III juga dirasakan di Banda Aceh. Lalu, guncangan lebih rendah dirasakan di Aceh Tengah dan AekGodang yakni skala MMIII.

Sebagai informasi skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dengan rentang paling lemah (I)-paling kuat (XII).Usai goncangan pertama, kemudian berlangsung lagi gempa susulan kedua dengan magnitudo 5,2. Adapun skala MMI II kondisinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III kondisi di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu, skala MM IIV kondisinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. (tm)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar