Tragis, Bocah 7 Tahun dari Keluarga Miskin di Yaman Miliki Berat Hanya 7 Kg

Faid Samim, Bocah Malang di Yaman terbaring lemas (foto: reuters)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Lumpuh dan kekurangan gizi, itulah yang dialami bocah Yaman bernama Faid Samim (7). Bocah malang itu hanya bisa terkulai lemas di atas ranjang rumah sakit.

Faid saat ini telah dirujuk ke rumah sakit di Ibu Kota Yaman, Sanaa. Dia dibawa ke rumah sakit usai diketahui menderita gizi buruk.

"Dia hampir pergi ketika dia tiba tapi alhamdulillah kami bisa melakukan apa yang diperlukan dan dia mulai meningkat. Dia menderita CP (cerebral palsy) dan malnutrisi parah, "kata Rageh Mohammed, dokter pengawas bangsal malnutrisi rumah sakit Al-Sabeen seperti dilansir Reuters, Selasa (5/1/2021).

Orang tuanya hanya bergantung pada sumbangan untuk merawat Faid. Mohammed mengatakan kasus malnutrisi di negaranya saat ini sedang meningkat.Saat dibawa ke rumah sakit, Faid hanya memiliki berat badan 7 kilogram. Selama ini, keluarga Faid hidup dalam kemiskinan.

Kelaparan di Yaman tidak lain akibat dari dampak perang yang ada di negara tersebut sejak enam tahun lalu. Diperkirakan, 80 persen warga Yaman mengandalkan bantuan internasional untuk bertahan hidup.

Perang di Yaman mulai terjadi pada 2015 silam. Arab Saudi diketahui memerangi gerakan Houthi yang berpihak pada Iran.Pada 2018, PBB telah meminta sejumlah negara untuk memberikan bantuan. Namun, wabah COVID-19 yang terjadi menghambat penyaluran bantuan. Hal itu memperburuk kelaparan yang ada di Yaman.

Gerakan Houthi menguasai wilayah Sanaa dan sebagian pusat ibu kota. Lebih dari 100 ribu orang diduga tewas dalam perang tersebut. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar