Miris, Petugas PBB Banyak Hamili Wanita Timor Leste

Salah satu kawasan di Timor Leste

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Terungkap fakta jika banyak petugas PBB yang hamili wanita Timor Leste.

Masyarakat Timor Leste menyambut eforia kedatangan pasukan PBB di bumi Lorosae.

Tugas mereka antara lain menertibkan dan menstabilkan keamanan , politik dan ekonomi negara itu

Namun media Australia mengungkap boroknya petugas PBB yang banyak menghamili wanita-wanita lokal hingga tiap malam nangkring di tempat-tempat pelacuran.

Tahun 2002 Timor Leste berhasil merdeka dari Indonesia berkat bantuan PBB, melalui referendum.

Sejak lepas dari Indonesia, setidaknya PBB terus membantu negara kecil itu dalam menata birokrasinya dan memberikan bantuan politik.

Bahkan banyak staf PBB yang ditugaskan di Timor Leste, namun siapa sangka meski berstatus sebagai penjaga perdamaian, mereka terungkap lakukan penyimpangan.

Tahun 2007 media Australia The Age, melaporkan bagaimana staf PBB terang-terangan kerap menggunakan pelacuran di Timor Leste

Polisi dan staf sipil UNITED Nations secara terbuka melanggar, apa yang dijanjikan PBB sebagai kebijakan tanpa toleransi terhadap pelecehan seksual.

Para ekspatriat di Dili mengatakan, belasan rumah bordil di buka di Timor Leste pada saat itu, tiap malam selalu terlihat kendaraan PBB diparkir di luar rumah bordil

Sebelum senja, pelacur remaja Timor Leste berkumpul di seberang hotel di Dili, dan kendaraan PBB selalu menjemput mereka.

"Menjijikan, orang-orang yang seharusnya datang kesini untuk membantu Timor Leste, malah melecehkan gadis-gadis malang ini," kata seorang mekanik Australia yang minum di bar hotel, yang melihat pemandangan itu setiap malam.

Salah satu rumah pelacuran mempekerjakan selusin pelacur etnis-Cina, kata ekspatriat.

Seorang karyawan PBB mengatakan kepada The Age bahwa badan dunia menutup mata terhadap prostitusi oleh para karyawannya.

"Apa yang disebut kebijakan tanpa toleransi termasuk prostitusi, tetapi tidak ada yang dilakukan untuk menghentikannya," katanya.

Pegawai PBB, yang berasal dari 40 negara, juga membawa kendaraan berbahaya ke Timor Leste saat berjuang untuk pulih dari pergolakan kekerasan tahun lalu.

Kendaraan PBB telah terlibat dalam 80 kecelakaan kendaraan tunggal sejak Maret, beberapa di antaranya tampaknya melibatkan mengemudi sambil minum.

Atul Khare, seorang diplomat India yang memimpin Misi Terpadu Perserikatan Bangsa-Bangsa di Timor-Leste mengatakan kepada staf PBB.

Atul mengatakan bahwa dia "terkejut dan tertekan" dengan perilaku pengemudi PBB.

"Kami adalah tamu di negeri ini, dan kami hadir di sini untuk membantu masyarakat pulih dari trauma konflik dan bukan untuk mengabadikannya," ujarnya.

Ketika Dewan Keamanan PBB membentuk misi pada Agustus tahun 2006.

Sukehiro Hasegawa, pejabat tinggi PBB di Dili, menjanjikan tindakan keras terhadap perilaku personel PBB.

Di New York, PBB baru saja menerima laporan internal yang mengungkap budaya yang menutupi perilaku menyimpang dan keterlaluan oleh staf PBB di Timor Leste selama bertahun-tahun.

Laporan tersebut mengungkapkan penjaga perdamaian meninggalkan setidaknya 20 bayi yang mereka miliki sebagai ayah dari wanita Timor yang dilanda kemiskinan.

Para wanita itu berakhir distigmatisasi dan dalam beberapa kasus dikucilkan oleh komunitas mereka.

Itu juga mengungkapkan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan bestialitas.

Sejak 1999, ketika personel PBB pertama kali tiba di Timor Leste, tidak ada satu pun karyawan yang dituduh melakukan pelanggaran serius.

Allison Cooper, juru bicara PBB di Dili, mengatakan kepada The Age bahwa misi tersebut dengan tegas menegakkan kebijakan tanpa toleransi terhadap setiap kesalahan,

Mereka telah membentuk unit investigasi internal khusus.

Cooper mengatakan mereka yang dites positif telah diskors dari mengendarai kendaraan PBB menunggu penyelidikan akhir.

Lebih dari 1.600 polisi PBB dan sekitar 500 pegawai sipil PBB bertugas dalam misi tersebut.

Sekitar 1000 tentara Australia dan Selandia Baru dalam Pasukan Keamanan Internasional yang dikomando oleh Australia tidak diizinkan untuk minum alkohol atau bersosialisasi di luar barak mereka. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar