TANJUNGPINANG

Pjs Gubernur Kepri dan Wali Kota TPI Ziarah ke Penyengat

Pjs Gubernur Kepri Dr Bahtiar Baharudin bersama Wako TPI lakukan ziarah

TRANSKEPRI.COM.TANJUNGPINANG- Menyambut Hari Jadi Ke-19 Kota Otonom Tanjungpinang, Pejabat Sementara ( Pjs ) Gubernur Kepri, Bahtiar dan Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama-sama melaksanakan ziarah ke makam Daeng Marewa dan Daeng Celak, di Sei Carang, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (16/10/2020).

Pjs. Gubernur Kepri, Bahtiar menuturkan ziarah ke makam keturunan raja-raja yang berada di Pulau Penyengat ini memiliki makna penting bagi kita, utamanya warga Kepri untuk mengingat sejarah dan menghormati jasa-jasa para leluhur kita. 

"Kalau tidak ada para raja terdahulu, maka daerah ini pun tidak akan ada. Sekarang kita tinggal menikmatinya. Untuk itu, kita harus menjaga, merawat, dan memberikan perhatian khusus pada makam-makam kerajaan ini,"  ujarnya. 

Menurut Bahtiar, kawasan ini merupakan cagar budaya yang harus dirawat. Bila di tata dan di kelola dengan baik bisa dijadikan destinasi wisata religius di Kepri. Tentu, ini berdampak pada peningkatan ekonomi warga sekitar. 

Ia mencontohkan tempat-tempat bersejarah di Jakarta, seperti makam - makam kerajaan itu terawat dan terjaga dengan baik. Sehingga para pengunjung yang datang merasa nyaman.

"Daeng Celak dan Daeng Marewa adalah orangtua dari kerajaan di tiga negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Kita menjaga dan merawat makam dengan baik saja adalah suatu bentuk penghormatan kita kepada para leluhur pemegang wilayah ini," pungkas Bahctiar.

Sementara itu, Wali Kota, Rahma menyambut baik atas kunjungan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar. Ia mengatakan apa yang di usulkan Pjs Gubernur Kepri akan ditindaklanjuti seperti, penyediaan fasilitas yang nyaman untuk para pengunjung dan menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata religius. 

"Kita akan menindaklanjuti dan segera mungkin akan membahas masalah ini bersama dinas terkait," tutup Rahma.

Turut hadir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Surjadi, Plt Camat Tanjungpinang Kota, Raja Hafizah, dan Lurah Kampung Bugis, Rio Reinaldy.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar