Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Resmi Mengundurkan Diri

Shinzo Abe

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe resmi mengundurkan diri dari jabatan. Pengumuman itu disampaikan Abe dalam konferensi pers di Tokyo pada Jumat (28/8).

PM dengan jabatan paling lama menyatakan bahwa dia mundur karena alasan kesehatan.

Dia kemudian meminta maaf pada masyarakat Jepang sebab tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya. Menurut Abe, itu adalah keputusan yang sulit."Meskipun masih ada satu tahun lagi dalam masa jabatan saya dan ada tantangan yang harus dihadapi, saya telah memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri," kata Abe seperti dikutip dari CNN.

"Saya membuat keputusan bahwa saya tidak melanjutkan pekerjaan saya sebagai perdana menteri," kata Abe. "Saya harus melawan penyakit dan perlu dirawat."

Salah satu kunjungan itu dilaporkan berlangsung selama delapan jam. Dari kunjungan itu dia diketahui mengalami peradangan kronis pada usus besarnya.Spekulasi sang Perdana Menteri akan menanggalkan jabatan telah lama mencuat. Hal itu diperkuat setelah setidaknya dia melakukan dua kali kunjungan ke rumah sakit dalam rentang waktu satu pekan terakhir.

Sejumlah nama suksesor mencuat ke permukaan seiring kabar mundurnya Abe. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar