VIRUS CORONA

Enam Warga Batam Terkonfirmasi Positif Corona, Ada Anggota Polwan dan Warga Perum Pondok Graha

Virus Corona

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Tim Gugus tugas Covid-19 Batam, Rabu, 29 Juli 2020, kembali merilis kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Kota Batam. Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan kasus baru di Kota Batam. Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini adalah 6 (enam) orang yang terdiri dari 1 (satu) orang perempuan warga pendatang serta 2 (dua) orang perempuan dan 3 (tiga) orang laki-laki warga Kota Batam.
Berikut ini riwayat perjalanan penyakit dari pasien terkonfirmasi tersebut sebagai berikut:

1. Seorang laki-laki berinisial “Tn.MS” usia 47 tahun, Swasta, beralamat di kawasan perumahan Taman Lestari Kelurahan Kibing Kecamatan Batu Aji Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 284 Kota Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 25 Juli 2020 datang berobat ke IGD RS Embung Fatimah Batam sesuai rujukan RS Graha Hermine dengan keluhan demam sejak sepuluh hari nyang lalu, terutama pada malam hari berkeringat dingin dan menggigil, serta mengatakan memiliki riwayat penyakit TB Paru dengan telah melaksanakan treatmen pengobatan selama dua tahun yang sudah selesai.

Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap dan RDT yang hasilnya diperoleh “Non Reaktif” disertai pemeriksaan Rontgen Thorax dengan hasil;” Pneumonia + Cardiomegali untuk kemudian yang bersangkutan diharuskan melakukan perawatan di ruang isolasi Tun Sundari.

Selanjutnya pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi/karantina Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam Kota Batam.

2. Seorang perempuan berinisial “Ny.S” usia 48 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat di kawasan perumahan Pondok Graha Kelurahan Duriangkang Kecamatan Sungai Beduk Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 285 Kota Batam. Yang bersangkutan pada tanggal 25 Juli 2020 memeriksakan dirinya ke Puskesmas Sungai Pancur dengan keluhan sedikit demam dan batuk sejak beberapa hari sebelumnya.

Sesuai dengan keluhannya tersebut dokter melakukan pemeriksaan RDT yang hasilnya “IgG-IgM Reaktif”, dan selanjutnya diedukasi untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumahnya sambil menunggu pemeriksaan swab yang telah dijadwalkan. Kemudian pada tanggal 27 – 28 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam kepada yang bersangkutan berturut-turut dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang pertama dan kedua, dimana untuk hasil pemeriksaan swab pertama diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positiff” sedangkan hasil pemeriksaan swab tenggorokan yang kedua masih dalam proses pemeriksaan.

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini telah dievakuasi dan ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang Kota Batam

3. Seorang perempuan berinisial “Ny.R” usia 60 tahun, Ibu Rumah Tangga (IRT), beralamat sementara di kawasan perumahan Melchem Warna warni Sei Tering Batu Ampar Kelurahan Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 286 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan warga Kota Medan yang berkunjung ke rumah Saudaranya di Batam.

Sehubungan rencana keberangkatannya kembali ke Medan menggunakan pesawat udara, yang bersangkutan pada tanggal 25 Juli 2020 melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di Klinik Baloi BP Batam yang hasilnya diperoleh Tentang Warga Batam Terkonfirmasi Positif COVID-19, No. 279 -283 Dari Hasil Temuan Kasus Baru 29 Juli 2020 Pukul 16.00 WIB “IgG,IgMReaktif” namun demikian karena memiliki keluhan batuk kering selanjutnya yang bersangkutan dengan inisiatif sendiri hari itu juga pergi memeriksakan diri ke RS BP Batam.

Kemudian oleh dokter pemeriksa dilakukan pemeriksaan secara intensif berupa pemeriksaan Laboratorium secara lengkap disertai pemeriksaan Rontgen Thorax dengan hasil ;” Cardiomegali dan Bronkopneumonis kanan. Terkait dengan hasil pemeriksaan tersebut kemudian yang bersangkutan diharuskan melakukan perawatan di ruang RS BP Batam.

Selanjutnya pada tanggal 27 Juli 2020 dilakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”. Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, serta saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi/karantina RSBP Batam Kota Batam.

4. Seorang laki-laki berinisial “Tn.RZ” usia 23 tahun, PHL Polresta Barelang, beralamat di kawasan perumahan Batu Merah Kelurahan Batu Merah Kecamatan Batu Ampar Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 287 Kota Batam.

Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) Contact Tracing terhadap closes contact/kontak erat terhadap Terkonfirmasi Kasus 283 (Tn.EE) yang saat ini masih dalam perawatan di RSAB Batam, maka pada tanggal 27 Juli 2020 yang bersangkutan bersama rekan sekerjanya yang lain melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

5. Seorang perempuan berinisial “Ny.PH” usia 49 tahun, Anggota POLRI/Polwan, beralamat di kawasan perumahan Anggrek Mas 3 Batam Centre Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 288 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan istri dari Terkonfirmasi Kasus 283 (Tn.EE) yang saat ini masih dalam perawatan di RSAB Batam.

Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Contact Tracing terhadap closes contact/kontak erat dari suaminya tersebut, maka pada tanggal 27 Juli 2020 yang bersangkutan bersama anaknya melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

6. Seorang remaja laki-laki berinisial “Tn.PB” usia 15 tahun, Pelajar, beralamat di kawasan perumahan perumahan Anggrek Mas 3 Batam Centre Kelurahan Taman Baloi Kecamatan Batam Kota Kota Batam, merupakan kasus baru Covid-19 Nomor. 289 Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan anak dari Terkonfirmasi Kasus 283 (Tn.EE) yang saat ini masih dalam perawatan di RSAB Batam.

Sehubungan penyelidikan Epidemiologi (PE) dan Contact Tracing terhadap closes contact/kontak erat dari ayahnyanya tersebut, maka pada tanggal 27 Juli 2020 yang bersangkutan bersama ibunya melakukan pemeriksaan dan pengambilan swab tenggorokan yang diterima dan diketahui pada hari ini dengan Terkonfirmasi “Positif”.

Sesuai dengan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan hingga saat ini terhadap seluruh cluster Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari Pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Demikian disampaikan untuk menjadi maklum. GUGUS TUGAS COVID-19 KOTA BATAM Ketua H. MUHAMMAD RUDI.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar