Kemenkeu Pastikan Tahun Ini Tak Ada Anggaran Ibukota Baru

Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Tahun ini, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan tak ada anggaran untuk pembangunan proyek ibu kota negara baru di Kalimantan Timur. Pemerintah saat ini masih fokus menangani pandemi virus corona. 

"Setelah ada Covid-19 fokus pemerintah semuanya ke upaya penanggulangan. Jadi setahu saya memang tidak muncul ada anggaran IKN (ibu kota negara baru) sejauh ini," kata Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Brahmantio Isdijoso dalam video conference, Sabtu (11/7).

Brahmantio mengatakan pemerintah saat ini benar-benar fokus pada pemulihan ekonomi akibat pandemi virus corona. Dengan begitu, proyek pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur belum menjadi fokus pemerintah.

Meskipun demikian, kata Brahmantio, pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan IKN sebelum pandemi virus corona menerjang. Bahkan, pemerintah juga sudah merencanakan beberapa skema yang akan digunakan untuk memenuhi biaya pembangunan ibu kota baru.

"Arahan pimpinan pembiayaan IKN itu seminimal mungkin memberikan tambahan beban ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Jadi arahnya ke creative financing," ujarnya.

Lokasi ibu kota baru yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo terletak sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pemindahan ibu kota negara ini telah melakukan kajian matang..(007)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar