Ditemukan Flu Babi Jenis Baru yang Bisa Timbulkan Pendemi

Ditemukan flu Babi jenis baru yang bersumber dari hewan Babi

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Para peneliti di China menemukan jenis baru flu babi yang mampu memicu pandemi. Temuan tersebut mereka sampaikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal sains AS, PNAS Senin (29/06/20).

Flu baru tersebut dinamai G4. Secara genetik, flu itu diturunkan dari strain H1N1 yang menyebabkan pandemi pada 2009 lalu.

Flu itu memiliki semua ciri penting. "Salah satunya, sangat beradaptasi untuk menginfeksi manusia," kata para penulis, ilmuwan di universitas-universitas Cina dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China seperti dikutip dari AFP, Selasa (30/6).

Karena itu para peneliti menyerukan kepada pihak terkait untuk memantau orang yang bekerja dengan babi. Saran diberikan karena berdasarkan penelitian yang mereka lakukan 10,4 persen orang yang bekerja di peternakan babi sudah terinfeksi flu tersebut. Selain itu, G4 juga diamati sangat menular. Ia mampu bereplikasi dalam sel manusia dan menyebabkan gejala lebih serius pada musang daripada virus lain.

"Sangat mengkhawatirkan bahwa infeksi virus G4 pada manusia akan meningkatkan adaptasi manusia dan meningkatkan risiko pandemi pada manusia," catat para peneliti. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar