Pesawat Tempur TNI AU Jatuh di Pekanbaru

Pesawat tempur TNI AU

TRANSKEPRI.COM.PEKANBARU- Pesawat tempur TNI AU jenis BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209 jatuh sekitar 5 kilometer (km) dari Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (15/6).

Pesawat jatuh di permukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sekitar pukul 08.13 WIB.

Berdasarkan foto yang dilansir oleh kantor berita Antara, sejumlah petugas Basarnas dan aparat berbaju loreng tengah memantau puing-puing pesawat yang hangus."Lokasi kira-kira lima kilometer dari runway Lanud Roesmin Nurjadin. Sekitar battery Q, Batalyon Arhanud TNI AD," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto kepada CNNINdonesia.com lewat pesan singkat.

Fajar mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tempur tersebut.

Menurutnya, pesawat nahas tersebut diterbangkan oleh Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin. Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat

"Saat ini berada di RSAU dr. Soekirman Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.


Ada bagian badan belakang pesawat hingga ekor yang masih utuh. Atap rumah warga yang terbuat dari seng terlihat porak-poranda di lokasi kejadian.

Insiden pesawat militer jatuh ini menjadi yang kedua pada bulan ini. Sebelumnya, helikopter jenis MI-17 milik TNI AD jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6). Empat prajurit tewas saat kejadian nahas tersebut.(tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar