Sempat Kesulitan Kuangan Buat Berobat, Isteri Pengawal Bung Karno Akhirnya Dibantu Jokowi

Isteri pengawal mantan Presiden Soekarno, Ibu Elizabeth saat dirawat di RSPAD (foto:detikcom)

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan kepada istri pengawal Presiden RI pertama Sukarno, Elizabeth Koesno (93), yang sedang sakit dan dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Bantuan itu berupa bantuan uang sebesar Rp 50 juta.

"Pada hari ini, Minggu 14 Juni 2020, Bantuan Presiden RI telah diberikan kepada Ibu Elizabeth Koesno (93 tahun) yang merupakan istri dari Alm Bpk R Koesno," ujar Sekretaris Pribadi Presiden, Anggit Nugroho, saat dimintai konfirmasi, Minggu (14/6/2020).

Bantuan sebesar Rp 50 juta itu diserahkan ke keluarga di RSPAD Gatot Soebroto. Atas bantuan itu pihak keluarga merasa bersyukur.

"Bantuan sebesar Rp 50 juta tersebut telah diserahkan di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Ibu Elizabeth Koesno dirawat saat ini.
Ibu Elizabeth beserta keluarga juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan Presiden RI," katanya.

Pada Minggu (14/6) siang 3 orang staf Kepresidenan Joko Widodo (Jokowi) menjenguk istri pengawal Presiden pertama RI Sukarno, Elizabeth Koesno (Oma Koesno), yang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto.

Pihak keluarga mengungkapkan staf kepresidenan menyampaikan doa kesembuhan untuk Oma Koesno dari Jokowi.

"Iya betul tadi datang 3 orang dari staf kepresidenan besuk Oma Koesno," kata cucu Oma Koesno, Roland Anziano.

Ketiga staf tersebut datang pada pukul 01.00 WIB siang. Selain itu mereka juga membawa buah-buahan dari Jokowi untuk Oma Koesno.

Diketahui, Oma Koesno mengalami retak tulang punggung belakang karena jatuh pada Januari lalu.

Dia seharusnya mengenakan korset khusus, namun karena pihak keluarga tak mampu membelinya, keluarga pun sempat meminta bantuan kepada Presiden Jokowi dan anak Soekarno, Megawati Soekarnoputri agar berkenan membantu Oma Koesno.

"Saya berharap Ibu Megawati mendengar berita ini, juga Bapak Presiden Jokowi, yang sangat menghargai jasa-jasa pahlawan NKRI. Opa sudah ikut perang dari sebelum kemerdekaan dan di bawah pasukan Jenderal Soedirman sampai sempat tiga kali kena tembak. Dan kebetulan Opa dan Bung Karno sama-sama dari Blitar," ucap Roland.

Roland menyatakan pada Sabtu (13/6) malam neneknya dipindah dari bangsal biasa ke kamar VIP di RSPAD. Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk perhatian dari KSAD Jenderal Andika Perkasa dan Menkes Terawan.

"Kita dipindah ke Paviliun Kartika atas perintah KSAD dan Menkes, di ruang VIP. Alhamdulillah, terima kasih," kata Roland.

Elizabeth dibawa ke RSPAD juga atas perintah Jenderal Andika, meski sebelumnya janda Serma Koesno itu juga mendapat atensi dari Menhan Prabowo Subianto. Saat dibawa ke RSPAD, Elizabeth dibawa menggunakan ambulans RI-1 milik TNI-AD pada Kamis (11/6).

Selain kepada KSAD, Roland juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri.

"Saya bikin rekaman tadi ditujukan kepada Bapak Jokowi, Ibu Megawati dan Pak KSAD, ucapan terima kasih," tuturnya. (tm)

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar