BATAM

Satu Pasien Positif Tinggal di Perumahan Golden Line

Virus Corona

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam kembali merilus satu orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Tidak hanya yang pasien yang positif saja, tapi juga hari ini ada dua pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, Senin (8/6/2020).

Berdasarkan pemeriksaan swab oleh tim analis BTKLPP Batam, untuk pasien yang dinyatakan positit Covid-19 hasil dari tracing close contak clustet HOG Eden Park Kota Batam. Adapun pasien tersebut perempuan berinisal AL (27) tinggal di perumahan Golden Line Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. 

Pasien tersebut merupakan kasus baru Covid-19 nomot 159 Kota Batam. Sehubungan dengan kebutuhan melengkapi persyaratan perjalanan 
menggunakan pesawat udara ke Medan, yang bersangkutan pada tanggal 02 Juni 2020 melakukan pemeriksaan RDT secara mandiri di RS Bhayangkara Batam dengan hasil “Reaktif”. Mengingat hasil RDT nya tersebut maka dilakukan pemeriksaan lanjutan foto rontgen dengan kesimpulan ditemukan “Infiltrat minimal di perihiler kanan” dan dilakukan karantina di ruang isolasi rumah sakit tersebut. 

Sesuai hasil anamnesa kepada yang bersangkutan diketahui bahwa pernah memiliki riwayat contact (Closes Contact) sekitar dua minggu sebelumnya dengan pendetanya Terkonfirmasi Positif Nomor “113” yang juga berkaitan erat dengan “Cluster HOG Eden Park 49 dan 82. 

Berdasarkan riwayat anamnesa demikian maka selanjutnya tim medis RS Bhayangkara Batam melakukan tindakan pemeriksaan lebih lanjut dengan melakukan pengambilan swab tenggorakan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi “Positif”.

Disampaikan bahwa yang bersangkutan saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi RS Bhayangkara Batam dan sedang dalam persiapan untuk dilakukan rujukan guna penanganan kesehatannya lebih lanjut ke rumah sakit rujukan Covid -19 RSBP Batam. 

Berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveillance Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terhadap berbagai cluster terkonfirmasi positif di Kota Batam, diperoleh kesimpulan bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster yang ada maupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor. Hal ini mengingat masih 
banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan himbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19.

Selain itu juga, untuk pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 berdasarkan hasil dari pemeriksaan swab yang diterima dari hasil BTKLPP ialah nomor 129 dan 130 yang saat ini dalam perawatan pada rumah sakit di Kota Batam. 

Untuk pasien nomor 129 atas nama Thimotius (68) laki-laki. Pasien tersebut dinyatakan positif setelah dua kali diperiksa. Namun pada pemeriksaan selanjutnya pasien tersebut dinyatakan negatif dan itu srelah dua kali pemeriksaan.

Sementara untuk pasien yang sembuh selanjutnya ialah Magdalena (61) perempuan pekerjaan ibu rumah tangga. Pasien tersebut juga dinyatakan positif setelah dua kali pemeriksaan. Namun pada pemeriksaan selanjutnya dinyatakan negatif setelah dua kali pemeriksaan juga.

"Dengan adanya pasien yang sembuh dan positif hari ini, maka dihimbau kembali kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk kemaslahatan 
bersama agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah, menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun 
dan air mengalir, tetap dirumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah serta selalu 
menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur serta istirahat yang 
cukup," kata Ketua Gugus Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi.(bayu)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar