BATAM

Listrik Mati Akibat Tersambar Petir, PLN Batam Terapkan Pemadaman Bergilir

Ilustrasi: Listrik padam

TRANSKEPRI.COM.BATAM - bright PLN Batam menyatakan padamnya listrik Batam dan Bintan karena sambaran petir pada salah satu ruas transmisi 150 kV. Hal ini terjadi pada Kamis 4 Juni 2020 sekitar pukul 19.25 WIB tadi malam. 

"Sambaran petir tadi mam menyebabkan sistem kelistrikan Batam dan Bintan padam," kata Direktur Operasi PLN Batam, Awaluddin Hafid, Jumat (5/6/2020).

Kata Awal, meskipun terjadi sambaran petir yang kuat pada sistem kelistrikan Batam-Bintan, namun semua pembangkit  dalam kondisi aman. Kata dia, pemulihan sistem kelistrikan Batam-Bintan dimulai pukul 19:27 WIB dengan mengoperasikan  PLTD Sekupang yang memang disiapkan sebagai pembangkit blackstart  (start awal) di sistem kelistrikan Batam-Bintan. 

"Untuk pemulihan sistem kelistrikan tidak dapat instan, karena membutuhkan tahapan diantaranya persiapan operasional pembangkit dan berbagai parameter sistem kelistrikan harus dijaga agar tetap seimbang dalam kondisi yang belum stabil," ucapnya. 

Kata Awal, sekitar pukul 22:18 WIB salah satu pembangkit gas  yaitu PLTG ELB Unit 2 dapat bergabung dengan sistem kelistrikan kemudian diikuti oleh pembangkit-pembangkit lainya, sehingga sejak pukul 22:18 WIB listrik dapat mulai menyala secara bertahap.

Sampai dengan saat ini masih diberlakukan pemadaman secara bergilir karena masih ada pembangkit sedang dalam proses persiapan yaitu PLTU Tanjung Kasam Unit 1 dan 2 yang diperkirakan akan masuk  dalam sistem pada siang dan sore hari ini. Dengan masuknya 2 Unit PLTU Tanjung Kasam diharapkan  sistem kelistrikan Batam-Bintan kembali normal. 

"Oleh karena itu diharapkan partisipasi pelanggan untuk membantu  melakukan pengendalian  pemakaian listrik dengan memadamkan peralatan listrik yang tidak diperlukan," ucapnya.

"Atas kejadian tersebut manajemen PLN Batam memohon maaf atas ketidak nyamanan yang terjadi, PLN Batam tetap berupaya untuk menjaga kontinuitas pasokan listrik ke Batam-Bintan serta selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik," sambungnya.(bayu).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar