Buka Sekolah Masa Pandemi Perlu Diperhitungkan

Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA-  Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), berembus kabar soal rencana pembukaan sekolah kembali. 

Mendikbud Nadiem Makarim dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi X DPR RI menyebut pihaknya sudah menyiapkan sejumlah skenario terkait belajar mengajar selama pandemi. 

"Penanganan skenario apapun (soal pembukaan sekolah) terus jadi suatu diskusi dengan pakar-pakar dan tentunya keputusan itu masih dalam gugus tugas bukan di Kemendikbud," ujarnya Nadiem saat RDP melalui konferensi video, Rabu (20/5).

Ia pun menepis berbagai rumor soal waktu pembukaan sekolah, karena Kemendikbud tidak mengeluarkan pernyataan apapun soal ini. 

Meski demikian, pengamat pendidikan Profesor Suyanto menuturkan pembukaan sekolah jangan sampai mengorbankan keselamatan anak-anak. 

Menurutnya, musti ada jaminan bahwa anak-anak bisa belajar dengan aman. Jangan sampai pembukaan sekolah dilakukan terburu-buru demi memenuhi desakan kebutuhan ekonomi. 

"Membuka sekolah kan bagian dari dunia bisnis. Bisnis kan saat ini macet, retail macet, ya mendesak untuk (sekolah) dibuka. Masalahnya jika dilihat sangat sulit, keselamatan atau ekonomi," kata Suyanto pada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Sabtu (23/5). (007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar