BATAM

90 Warga di Mega Legenda Dirapid Test, 5 Orang Hasilnya Reaktif

Pelaksanaan Rapid test di kawasan Pasar Mega Legenda, Batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Batam Kota memeriksa lima orang test swab di RS Awal Bros Batam guna memastikan postif atau negatif. Hal ini diketahui dari hasil rapid diagnostic test (RDT) menunjukkan hasil reaktif 

Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha mengatakan saat ini ada 90 orang yang melakukan RDT di Pasar Mega Legenda Batam Centre. Kata dia, dari 90 orang tersebut, 5 orang menunjukkan hasil yang reaktif.

"Setelah mendapatkan hasil ada 5 orang hasilnya reaktif makanya kami langsung melakukan tes swab di RS Awal Bros, kelima orang ini bukan pedagang melainkan warga di sekitar," kata Aditya, Kamis (14/5/2020).

Kata Aditya, pemeriksaan menggunakan RDT merupakan alat skrining awal deteksi Covid-19. Maka dari itu sambungnya, apabila ada yang menunjukkan hasil reaktif akan langsung dilakukan tes swab guna memastikan yang bersangkutan positif atau negatif.

"Pemeriksaan RDT awal saja, kalau hasilnya reaktif belum tentu positif Covid-19. Makanya untuk memastikan perlu dilakukan tes swab," ujarnya.

Ia menghimbau, masyarakat untuk tidak panik, tapi harus tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Hal ini juga menjadi bagian untuk mencegah penyebaran Covid-19. Karena itu Menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak harus terus dilakukan.

Tim Kecamatan yang dibantu Puskesmas setempat sengaja melakukan RDT kepada para pedagang, karena dinilai sangat rentan terpapar Covid-19. Karena setiap hari bertemu dengan ratusan orang yang berbeda. Karena itu dengan adanya proteksi sejak dini, kemungkinan meluasnya penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

"Intinya kami ingin semua masyarakat bersama-sama komitmen untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Batam khususnya Kecamatan Batam Kota," jelasnya.(bayu).


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar