Berapa Lama Virus Corona Bertahan Dalam Mobil?


 

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Virus Corona bisa terbawa ke dalam mobil saat kamu masuk ke kabin usai melakukan aktivitas luar ruangan. Berapa lama virus tersebut bisa bertahan di dalam kendaraan?

Para ahli telah meneliti kalau virus corona bisa menyebar melalui droplets dari orang yang terinfeksi ke orang lain yang sehat. Droplets bisa berpindah dari cairan bersin atau batuk.

Droplets dari orang positif tersebut membawa partikel virus yang bisa masuk ke tubuh orang lain jika terhisap masuk ke dalam tubuh, baik melalui hidung atau mulut. Tapi selain itu, orang bisa juga tertular jika mereka menyentuh benda yang di permukaannya menempel partikel virus. Virus bisa masuk ke dalam tubuh yang sehat jika orang itu kemudian menyentuh wajahnya.

Itu artinya virus berpeluang masuk ke dalam mobil jika kamu habis beraktivitas di luar rumah. Misalnya belanja, mengisi bensin, atau pergi ke ATM.

Membersihkan mobil setelah pergi kini sangat dianjurkan. Soalnya virus corona ternyata bisa bertahan cukup lama di berbagai permukaan benda yang berbeda.

Daya tahan virus untuk hidup dalam mobil sangat tergantung pada jenis material tempat virus itu hinggap. Menurut penelitian yang dipublikasikan The Lancet Microbe pada 2 April, diketahui kalau virus corona bisa bertahan paling lama selama tujuh hari pada permukaan luar masker operasi. Itu artinya, pastikan masker sekali pakai langsung dibuang.

Lalu bagaimana dengan permukaan lain?


Masih dari laporan penelitian yang sama, didapat daya hidup virus corona pada berbagai benda sebagai berikut:

Kertas dan tisu: 3 jam
Uang logam: 4 jam
Kardus: 24 jam
Kayu: 2 hari
Kain: 2 hari
Stainless steel: 2-3 hari
Plastik polypropylene: 3 hari
Gelas/kaca: 4 hari
Uang kertas: 4 hari
Sisi luar masker operasi: 7 hari

Tapi jangan khawatir. Kebiasaan hidup bersih, termasuk dalam mobil, bisa membantu kamu dari menghindari 'memelihara' virus corona di dalam mobil. Membersihkan interior mobil pun tak perlu cairan disinfektan khusus.

Pembersih mobil yang dijual di pasaran terbilang efektif menangkal virus Corona karena mengandung deterjen. Bersihkan saja mobil sesuai cairan pembersih yang umumnya dibedakan berdasar permukaan.(007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar