Pramuka Wadah Membentuk Kemandirian dan Kejujuran

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batam Jefridin di Hari Ulang Tahun (HUT) Gugus Depan Pramuka SMKS Terpadu Putra Jaya Batam ke-11 (Poersejaba 11), Jumat (16/2) diskominfo batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pramuka merupakan wadah pendidikan bagi peserta didik Indonesia khususnya di Kota Batam menjadi manusia yang mandiri, bertaqwa dan jujur dalam berkehidupan di masyarakat.

Amanat tersebut disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. saat menjadi pembina Upacara Pembukaan Kegiatan Perlombaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gugus Depan Pramuka SMKS Terpadu Putra Jaya Batam ke-11 (Poersejaba 11), Jumat (16/2/2024).

“Jangan pernah menyesal ikut latihan dan perlombaan gerakan Pramuka, Karena Pramuka mendidik kita menjadi orang yang mandiri dan bertaqwa sesuai dengan Dasa Darma pertama, Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa,” katanya.

Tambahnya, Pramuka juga membentuk anak menjadi orang yang jujur sesuai Dasa Darma kesepuluh, Suci dalam Pikiran Perkataan dan Perbuatan. Jefridin mengapresiasi dan mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Gugus Depan Pramuka SMKS Terpadu Putra Jaya Batam.

“Selaku Ka. Kwarcab Batam saya mengucapkan selamat kepada Gugusdepan 0391-0392 Pangkalan SMKS Terpadu Putra Jaya Batam. Mudah-mudahan diusia ke-11, Pramuka disini semakin jaya dan sukses,” ujar Jefridin.

Jefridin memberikan motivasi, masukan dan saran kepada seluruh Pramuka Penggalang dan Penegak agar dapat belajar dengan giat. Karena pendidikan merupakan investasi yang tiada tara nilainya. Ia juga berharap, agar Pramuka dapat hidup di mana saja dan bermanfaat bagi siapa saja.

“Alasan tunas kelapa dijadikan sebagai lambang Pramuka, karena melambangkan bahwa Pramuka dapat tumbuh di mana saja dan berguna bagi manusia seluruh bagiannya. Seperti kelapa yang bermanfaat 
mulai dari daun, akar, batang dan sebagainya,” jelasnya.

Beberapa materi Kepramukaan lainnya turut disampaikan Jefridin pada kesempatan itu, diantaranya mengapa Gugus Depan Ganjil digunakan untuk Pramuka Putra dan Gugus Depan Genap untuk Pramuka Putri.

“Karena Pramuka yang lahir pertama adalah Pramuka Putra yang didirikan oleh Bapak Pandu Dunia Boden Powel. Setelah itu Gugus Depan Pramuka Putri oleh Adik Boden Powel yaitu Agnes,” jelasnya.(rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar