Bus Air Ro-Ro Anambas Bermadah VII Resmi Diluncurkan

Kabar Gembira bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, pasalnya Bus Air Ro Ro Anambas Bermadah 7 secara resmi di luncurkan. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Kabar Gembira bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, pasalnya Bus Air Ro Ro  Anambas Bermadah 7 secara resmi di luncurkan. Bus Air yang  rencananya akan menjadi akses utama masyarakat kepulauan yang berada di perbatasan NKRI, akan menjadi ornamen penting merangkai pulau di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup (Dishub LH) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Kadir, mengatakan, Bus Air Ro Ro Anambas Bermadah VII merupakan solusi dalam mengatasi persoalan transportasi lokal, apalagi dimusim Utara.

"Dengan mampu mengangkut sebanyak 32 Penumpang dan 18 unit sepeda motor dan ABK 4 orang, dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat penumpang"ujar Kadir, Saat Peluncuran Bus Air di Tanjung Pinang, Rabu (6/12/2023).

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Camat di Siantan Timur tersebut, kapal ini  didalam pembuatannya menelan anggaran sebesar  Rp. 9.839.325.000. dengan  sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan tahun anggaran 2023. Dengan 
Dengan PT Cahaya Anggun Sagara sebagai pembuatnya.

Lebih lanjut kata Kepala Dinas, pengoperasian kapal bus roro akan direncanakan untuk melayani penyeberangan masyarakat lokal dan kepentingan pemerintah.

“Kapal bus roro ini sebagai pengganti roro sebelumnya yang sering rusak pada trayek Kampung Baru- Kecamatan Palmatak ke Desa Air Asuk Kecamatan Siantan Tengah,”tuturnya seraya mengatakan, bahwa ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Orang Nomor Satu dijajaran Dinas Perhubungan dan Lingkar Hidup KKA itu menambahkan, peluncuran kapal hari ini adalah momen bersejarah yang membanggakan bagi  semua khususnya pemerintah  maupun  mayarakat di Anambas.

"Untuk itu kami ingin mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas kerjasama dan dedikasi semua pihak yang telah berkontribusi untuk berhasilnya peluncuran kapal ini. Baik itu para Kontraktor Pelaksana, Konsultan Pengawas, Tim Probity, Tim Pendampingan Hukum, Para Pekerja, maupun seluruh tim teknis yang telah bekerja keras untuk mencapai tonggak bersejarah ini,"tuturnya.

Masih sampai dia, Peluncuran kapal ini bukan hanya sekadar peristiwa teknis, tetapi juga simbol kemajuan dan perjuangan kolektif, karena kapal ini mewakili buah kerja keras bersama dan tekad untuk terus mengembangkan sektor perhubungan.

"Transportasi maritim memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan konektivitas wilayah kita. Dengan peluncuran kapal ini, kami berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pelayanan transportasi laut.

Dengan momentum Peluncuran Kapal ini, kami memberikan apresiasi yang setingginya kepada semua pihak-pihak terkait baik di jajaran kementerian, pemerintah provinsi, rekanan penyedia dan semua tim  dalam menyukseskan pembangunan Bus Air RORO ini.

Hadir dalam acara tersebut antara lain yakni, Direktur PT. CAHAYA ANGGUN SEGARA Selaku Kontraktor Pelaksana, PT. Alexa Tunas Mandiri Selaku Konsultan Pengawas, Pendampingan/Kejaksaan Negeri Kab. Natuna, Tim Probity Audit BPKP dan Inspektorat Kab. Kepulauan Anambas, BPTD Kelas II, Prov. Kep. Riau dan   Biro Klasifikasi Indonesia Cab. Batam. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar