BUMDes Desa Putik Sajahtera Jadi yang Terbaik Se-Anambas

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Putik Sejahtera, Desa Putik, Kecamatan Palmatak menjadi BUMDes terbaik Se Kabupaten Kepulauan Anambas. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Putik Sejahtera, Desa Putik, Kecamatan Palmatak menjadi BUMDes terbaik Se Kabupaten Kepulauan Anambas. BUMDes yang dipimpin Muhamad Herman tersebut berhasil menyisihkan dua BUMDes lain yakni Desa Piasan Kecamatan Siantan Utara di posisi kedua dan Desa Batu Belah Kecamatan Siantan Timur.

Penilaian tersebut langsung dilakukan oleh pihak  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil "DPMD Dukcapil" Provinsi Kepulauan Riau, yang dilaksanakan di Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) KKA, Kamis (19/10/2024).

Kepala Desa Putik Kecamatan Palmatak Azman mengatakan, keberhasilan BUMDes Desa Putik  meraih juara pertama merupakan buah kerja keras bersama dalam memajukan BUMDes tersebut.

"Alhamdulillah, akhirnya dengan kerja keras dan perjuangan bersama BUMDes Desa Putik meraih juara pertama dan ditasbihkan menjadi BUMDes terbaik se Kabupaten Kepulauan Anambas,"ujar Azman.

Menurut dia,  fakta menarik yang harus diketahui khalayak adalah BUMDes Desa Putik sendiri mulai terbentuk sejak tahun 2019 silam. Namun demikian meski diusia yang masih muda, tapi BUMDes telah menjalankan sejumlah usaha yang mampu memasok Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Putik.

"Jenis usaha yang dijalankan saat ini antara lain yakni,Toko peralatan nelayan, mengingat warga desa putik mayoritas nelayan,  bahkan BUMDes juga melakukan kerjasama dengan kerja  PT HOJSKOLEON ANAMBAS INDONESIA, untuk pengisian tabung oxigen selam,jasa angkutan pompong lepas pantai,taman desa, wahana bermain dan lainnya,"tutur Azman

Lebih lanjut kata ayah Annisa Oktaviana, saat ini BUMDes Desa Putik mampu mengumpulkan pundi pundi pendapatan mencapai Rp2,9 Melalui bisnis yang dilakukan. Tak pelak hal ini mampu menjadi salah satu pembangkit bagi perekonomian masyarakat di Desa yang juga dicanangkan sebagai desa anti korupsi tersebut.

"Menjadi BUMDes terbaik di Kabupaten Kepulauan Anambas saat ini merupakan  momentum terbaik bagi kita untuk lebih maju lagi kedepannya dalam upaya peningkatan PADes demi kesejahteraan masyarakat dalam mendorong laju pembangunan," jelasnya.

Pada kesempatan itu Suami Zamriana juga mengucapkan terimkasih kepada semua pihak yang telah mendorong dan mendukung hingga BUMDes Desa Putik dapat menjadi yang terbaik se Anambas.

"Sekali lagi kami mengucapkan terimkasih kepada masyarakat desa Putik pihak kecamatan Palmatak, pemerintah Kabupaten dan Provinsi hingga desa ini mampu meraih prestasi seperti ini, tanpa dorongan elemen dan stakeholder yang ada akan sulit rasanya BUMDes ini akan berkembang," tandasnya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar