Pilih Investasi Aman Saat Wabah Corona

Ilustrasi

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Corona (covid-19) telah mewabah ke seluruh dunia, bukan cuma menyerang kesehatan manusia. Perekonomian global pun melemah karena corona.

Di tengah ketidakpastian kondisi global, banyak orang berusaha mencari investasi yang lebih aman, kira-kira apa ya?.

Menurut ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan emas merupakan salah satu pilihan aman di tengah kondisi seperti ini. Dia menjabarkan harga emas telah naik tinggi hari ke hari.

"Emas ini, 38,7% kenaikannya selama tiga tahun ini aja secara global. Dalam tiga bulan terakhir, 13,6% cuannya," kata Bhima ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/20).

Namun dia mengingatkan, meski berjaga-jaga, jangan semua harta diinvestasikan ke emas. Masalahnya, emas pun masih punya selisih harga beli dan jual.

"Tapi saya ingatkan, kalau mau investasi emas jangan semuanya dimasukkan, sebagian saja. Ingat juga dia harga beli dan jualnya itu ada selisihnya," terang Bhima.

Bhima juga menjelaskan jangan terlalu gegabah melepas saham di kondisi seperti saat ini. Pasalnya, masih ada kemungkinan keadaan pasar keuangan kembali membaik dalam waktu dekat.

"Tapi kita bisa lihat lagi datanya, kita akan menemukan bahwa seberapa cepat recovery itu. SARS aja 3 bulan, terus gaspol lagi. China hanya beberapa hari dia comeback. Jadi jangan asal ikut-ikutan jual," kata Bhima.

Kemudian, membeli valuta asing juga menjadi salah satu pilihan investasi di tengah ketidakpastian ekonomi. Bhima menjelaskan, beda dengan krisis ekonomi di 2009 ataupun 1998, kini kebanyakan orang justru memilih membeli Yen Jepang dibanding Dolar AS.

"Kalau valas mau main ke mana? Kalau valas saya cek dolar index atau dolar terhadap basket currency lainnya ternyata yang safe Haven bukan dolar, beda 2009 beda sama 1998. Sekarang orang memborongnya Yen Jepang," kata Bhima. (007)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar