Terapkan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari

Walikota Batam H.M Rudi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Batam Tahun 2023 di Dataran Engku Putri, Minggu (1/10) diskominfo batam

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Walikota Batam Muhammad Rudi mengobarkan semangat Pancasila. Hal itu disampaikan Rudi usai menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Batam Tahun 2023 di Dataran Engku Putri, Minggu (1/10).

"Semangat Pancasila senantiasa harus menggelora dalam hati kita semua. Mari kita peringati Hari Kesaktian Pancasila ini dengan mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan kita sehari-hari, dan menjadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dan kekuatan bagi kita semua," pesan Rudi.

Ia menegaskan, semangat Pancasila diharapkan terus membara dalam diri masing-masing mengingat Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang memiliki lima sila yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia menjabarkan, lima sila yang dinilai penting dalam mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari demi menjunjung tinggi persatuan, toleransi, dan keadilan.

Adapun, lima sila tersebut yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, yang mengajarkan untuk selalu mengakui kebesaran Tuhan dalam segala aspek kehidupan.

Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, yang mengingatkan untuk memperlakukan sesama manusia dengan adil dan menghormati martabat setiap individu.

Ketiga, Persatuan Indonesia, yang mendorong untuk membangun kesatuan dan persatuan di tengah keragaman yang ada.

Keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, yang mengajarkan untuk menghargai demokrasi dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan negara.

Dan yang kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang menekankan pentingnya distribusi keadilan dan kesempatan yang merata untuk semua warga negara.

"Dalam era globalisasi ini, tantangan yang kita hadapi semakin kompleks. Namun, dengan teguh berpegang pada Pancasila, kita akan mampu menghadapinya," katanya.

Di momen Hari Kesaktian Pancasila ini, ia pun berpesan kepada para generasi muda untuk lebih memahami Pancasila mendalam demi menumbuhka kecintaan para pemuda terhadap Tanah Air.

"Mari kita tingkatkan kesadaran kita akan arti penting Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari. Marilah kita jaga persatuan dan kesatuan, dan bergandengan tangan membangun bangsa ini," katanya.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kota Batam itu diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, dan peserta upacara yang terdiri dari pegawai di lingkungan Pemko Batam, BP Batam, Polri dan TNI.(advertorial)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar