PT Snepac Shipping Buang Sampah di TPA Tarempa

Proses pengambilan sampah di laut dan dibuang ke TPA oleh PT Snepac Shipping di Anambas. (transkepri.com/yd)

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Jaga Sampah agar tidak dibuang kelaut, PT.Snepac Shipping Cabang Tarempa buang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Anambas. Sebelumnya PT tersebut telah  menyurati Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) untuk membuang sampah domestik di KKA.

Diketahui sampai tersebut berasal dari kapal perkerja Tugboat  yang berkerja di wilayah Offshore.

Hal ini dilakukan agar sampah tersebut dapat dikelola dengan baik dan tidak dibuang kelaut yang dapat mencemari lautan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup, Abdul Kadir mengatakan, bahwa telah empat kali sampah tersebut dilansir ke Anambas,  dengan estimasi 1 Pickup dengan kapasitas 2,5 kubik. Bahkan setelah diidentifikasi sampah tersebut 60 persen bernilai ekonomis dan 40 persen langsung dibuang ke TPA.

'Jadi ketika sampai ke Anambas sampah tersebut  diangkut ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk dipilah, kemudian sampah yang bernilai ekonomis dikumpulkan dan  kemudian yang tidak bernilai langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPS).

Mantan Camat Siantan Timur membeberkan, sejatinya PT tersebut sudah menyurati Dishub LH Anambas, dengan tujuan meminta bantuan untuk pembuangan sampahnya, atas permohonan tersebut maka pihaknya segera gerak cepat membantu dalam pengelolaan sampah tersebut.

Lebih lanjut kata dia, langkah yang dilakukan adalah sebagai tameng awal dalam menjaga laut Anambas agar tidak tercemar dari sampah, mengingat dengan pihak perusahaan yang ikut menjaga laut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Pastinya saya tegaskan bahwa sebelum sampah tersebut dibuang ke TPA, sampah tersebut merupakan sampah domestik dan bukan merupakan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)," tegasnya.

Orang nomor satu di Dishub LH Anambas tersebut mengatakan, dalam proses lansir Dishub tidak pernah memiminta sedikitpun biaya kepada perusahaan. Karena ini sudah merupakan tupoksi yang harus dilakukan dalam menjaga laut Anambas tertap bersih dalam mendorong dan mendukung Visi Misi  Bupati dan Wakil Bupati dalam membangun pariwisata Anambas.

Abdul Kadir mengatakan warga dan masyarakat untuk sama-sama menjaga lingkungan agar bersih dari sampah, sekali lagi diingatkan janganlah buang sampah di laut.

"Kumpulkan sampah bersihkan laut, jaga laut Anambas tetap bersih, laut bukan tong sampah,"tandasnya. (yd)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar