KONI Batam Gelar Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan, Ini Pesan Rinaldi Samjaya

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batam menggelar Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan, Sabtu (9/9/2023) pagi, bertempat di Lantai 4 Gedung Pemko Batam. (ist)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batam menggelar Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan, Sabtu (9/9/2023) pagi, bertempat di Lantai 4 Gedung Pemko Batam dengan melibatkan seluruh Cabang Olahraga (Cabor) dan Badan Fungsional Olahraga yang ada di bawah naungan KONI Batam.

Diklat yang dibuka oleh Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Batam, Rafeah mewakili Kadispora dan Walikota Batam menghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya, diantaranya Ersira Gahfisindi dari Inspektorat Kota Batam dan Yossi Rizal dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Batam.

PANITIA dan pengurus KONI Batam. (ist)

Dalam sambutannya, Rafeah memberikan apresiasi atas pelaksanaan Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan ini, sebab menurutnya kegiatan tersebut menjadi ajang untuk menjelaskan bagaimana melakukan perencaan kegiatan keolahragaan hingga bagaimana membuat laporan pertanggungjawaban secara benar.

Dijelaskan secara detail bahwa pengunaan dana hibah bagi organisasi keolahragaan dari KONI Batam mengacu pada dua aturan, yakni Undang-undang nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan, dan Peraturan Walikota (Perwako) nomor tahun 67 tahun 2021 tentang tata cara penggunaan dana hibah pemerintah.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi pembahasan hari ini bisa diterapkan dalam mengelola managemen Cabor," ungkap Rafeah disela-sela membuka acara.

Di tempat yang sama, Plt Ketua Umum KONI Batam, Rinaldi Samjaya menaruh harapan pelaksanaan Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan ini dapat dimanfaatkan oleh setiap Cabor dalam mengelola organisasi.

Plt Ketum KONI Batam, Rinaldi Samjaya saat memberikan sambutan. (ist)

"Kita masih temukan perencanaan dan pelaporan yang tidak standar, setelah Diklat ini kita berharap semua sudah standar dan mengacu pada peraturan yang berlaku," ungkap Rinaldi Samjaya.

Bagi KONI, lanjut pria yang akrab disapa Aldi ini, sukses managemen organisasi keolahragaan tidak hanya sukses dalam penyerapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan, tetapi juga sukses dalam membuat pelaporan yang benar.

"Jangan karena tidak paham aturan main, banyak Cabor belum menyerap anggaran. Dan bagi yang telah menyerap anggaran tidak memberikan laporan sesuai mekanisme yang telah ditentukan," ujar Aldi.

Terakhir, Aldi mengingatkan agar seluruh Cabor melengkapi legalitas kepengurusan serta sejumlah hal yang telah disyaratkan. Sehingga dapat menyerap dana hibah yang telah dialokasikan Pemko Batam. 

Masih dari lokasi acara, Ketua Pelaksana Diklat Managemen Organisasi Keolahragaan, Zakaria mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan partisipasi seluruh pihak sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana secara baik.

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Cabor yang ada di bawah KONI Batam, masing-masing Cabor mengirimkan dua pengurus," terang Kabid Organisasi KONI Batam ini.

Terakhir, Zakaria berharap seluruh materi yang disampaikan dapat menjadi pedoman dalam mengelola organisasi keolahragaan. (rilis)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar