Tingkatkan Kesadaran Berlalulintas di Kalangan Pelajar, Ditlantas Polda Kepri Lakukan Kerjasama dengan Dinas Pendidikan

Ditlantas Polda Kepri bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri dalam upaya meningkatkan kesadaran lalu lintas di kalangan pelajar, di Rupatama Polda Kepri, Jumat (07/07). (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Ditlantas Polda Kepri bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepri menandatangani Perjanjian Kerja Sama dalam upaya meningkatkan kesadaran lalu lintas di kalangan pelajar. Kegiatan tersebut berlangsung di Rupatama Polda Kepri, Jumat (07/07/23).

Data Ditlantas Polda Kepri menunjukkan bahwa pada 2022 kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar di wilayah Kepulauan Riau mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu mencapai 24,77 persen dari total kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Kepulauan Riau.

Kurangnya pemahaman mengenai cara berkendara yang aman dan benar menjadi faktor utama penyebab kecelakaan tersebut.

Mengatasi permasalahan tersebut, Ditlantas Polda Kepri bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepri sepakat untuk mengintegrasikan pendidikan lalu lintas ke dalam mata pelajaran ‘Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan’ (PPKn) di semua tingkat sekolah. 

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto mengungkapkan, kekhawatirannya terhadap meningkatnya angka kecelakaan yang melibatkan pelajar. Menurutnya, kesadaran terkait keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar perlu ditingkatkan sejak dini.

"Pelajar adalah generasi penerus yang akan memimpin pembangunan di masa depan, oleh karena itu, perlindungan mereka di jalan raya sangat penting," ujar Kombes Pol Tri.

Lanjutnya, setelah dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi di semua wilayah Kabupaten dan Kota.

"Kita semua menyadari pentingnya peran kita dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang unggul. Oleh karena itu, kegiatan edukasi akan menjadi bagian penting dalam menanamkan karakter etika berlalu lintas sebagai nilai budaya bangsa kepada pelajar," ucap Dirlantas Polda Kepri.

Kombes Pol Tri juga berharap, dengan kerjasama yang baik, program ini akan memberikan manfaat positif dalam mencetak generasi penerus yang memiliki kesadaran dan komitmen dalam berlalu lintas serta dapat mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan pelajar di Kepri. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar