IPIM Bersama MUI dan LAZ Batam Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Ketua IPIM yang juga Ketua MUI Batam, KH Luqman Rifa'i (kanan) saat memberikan pelatihan penyembelihan hewan kurban, Rabu (21/06/23) di Aula BPBL Setokok Batam. (ist)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kota Batam bersinergi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam dan LAZ Batam Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban. 

Acara tersebut dilaksanakan pada Rabu (21/06/23) di Aula Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Setokok Batam. Program pelatihan diikuti 100 peserta yang terdiri para imam masjid se Kecamatan Bulang dan Galang.

Pelatihan ini menghadirkan tiga Nara sumber. Pertama, KH. Luqman Rifa'i, S.Ag (Ketua MUI dan IPIM Kota Batam) membahas tentang Standart Penyembelihan Halal MUI. Kedua, Ust. Ahmad Junaidi (Dewan Pakar IPIM Batam) mengupas tentang Fiqh Kurban.  Ketiga, Sarifuddin (Ketua Juleha Kepri) menyampaikan materi Teori dan Praktek Penyembelihan Hewan Kurban.

Ketua IPIM Kota Batam, KH. Luqman Rifa'i, S.Ag menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja IPIM Kota Batam untuk anggota IPIM kawasan hinterland Bulang dan Galang.

Dijelaskannya, tujuan kegiatan adalah meningkatkan kompetensi para imam masjid dalam menjalankan tugas sebagai juru sembelih kurban pada saat Idul Adha di masjid atau musholla tempat tugas masing-masing.

"Berdasarkan data kami hampir 80 persen juru sembelih adalah para imam masjid dan musholla," ujar Luqman

Sementara Syarifudfin S.T selaku pimpinan LAZ Batam mengemukakan rasa syukur bisa bersinergi dengan IPIM Kota Batam untuk bersama menggelar Pelatihan ini sebagai  kegiatan pemberdayaan umat di lapisan grass root.

"Kegiatan pelatihan kurban ini juga sesuai dengan visi LAZ Batam dalam pendayagunaan  zakat, infaq sedekah yang tepat dan bernilai manfaat untuk umat," tegas Syarifuddin.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepri dr. Tengku Afrizal Dahlan mengapresiasi kegiatan tersebut.

"Kegiatan pelatihan ini sangat positif, bermanfaat dan memang sangat dibutuhkan di tengah masyarakat. Kegiatan seperti ini harus digalakkan" pungkasnya. (rilis)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar