Sempat Alami Mati Masin Selama Dua Jam, KM Kelud Bermuatan 3.357 Penumpang Telat Sampai di Karimun

KM Kelud milik PT Pelni. (net)

TRANSKEPRI.COM.MEDAN- Sempat mengalami mati mesin selama sekitar dua jam, akhirnya kapal Pelni KM Kelud yang bermuatan 3.357 penumpang kembali berlayar. Kapal itu pun akan mengalami keterlambatan tiba di Tanjung Balai Karimun.

"Kapal sudah jalan kembali sekitar pukul 21.51 WIB. Tadi mati mesin sekitar pukul 19.20 WIB. Jadi ada dua jam lebih lah," kata Kepala Cabang Pelni Medan, Biwa Abi Laksana kepada detikSumut, Minggu (7/5/2023).

Biwa menjelaskan besok kapal akan tiba di Tanjung Balai Karimun sekitar pukul 17.20 WIB. Memang, lanjut Biwa, terlambat dari jadwal sebelumnya sekitar pukul 16.00 WIB.

"Informasi dari pihak kapal, tadi kapal kemasukan lumpur karena air surut. Sehingga perlu pembersihan filter motor induk dan motor bantu," ujarnya.

Ia menyampaikan kapal tersebut tadinya sempat mati mesin di luar alur pelayaran Belawan. Biwa sebut posisi kapal berlabuh saat itu dalam kondisi aman dan kondusif.

"Untuk lampu tadi memang sempat padam. Ini memang baru kali ini terjadi. Untuk total penumpang ada 3.357 orang. Rutenya, Belawan-Tanjung Balai Karimun- Batam- Jakarta," sebutnya.

Sebelumnya, seorang penumpang bernama Arlinda (55) yang merupakan warga Binjai mengatakan awalnya kapal Kelud berangkat sekitar pukul 18.00 WIB dari Pelabuhan Belawan.

"Lalu kira-kira satu setengah jam, mesin kapalnya mati. Lampunya juga padam," kata Arlinda kepada detikSumut, Minggu (7/5/2023).

"Kami penumpang sempat panik lah. Ada sebagian yang tetap berada di dek, sedang lainnya keluar ke areal pinggir kapal. Karena di dalam panas kali," tambahnya.

Ia menyampaikan sampai saat ini kapal masih belum berjalan. Namun, lampu sudah menyala. Ada pun, dia mengaku merasa cukup was-was atas peristiwa itu.

"Ini saya sama suami dan anak satu mau ke Jakarta untuk ikuti pesta. Tapi karena situasinya begini, sepertinya nanti sampai di Karimun, kami balik ke Medan lagi aja," ungkapnya. (detikcom)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar