SEA GAMES 2023

Timnas Sepak Bola Indonesia Bantai Myanmar 5-0

Bertanding di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023), Indonesia unggul atas Myanmar dengan skor 5-0. (detikcom)

TRANSKEPRI.COM.PHONMPEHN- Timnas Indonesia U-22 mengemas kemenangan keduanya di Grup A cabang sepakbola SEA Games 2023. Garuda Muda menang 5-0 atas Myanmar.

Bertanding di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023), Indonesia tampil dominan atas Myanmar. Sejak babak pertama, keunggulan dua gol didapat lewat aksi Marselino Ferdinan dan penalti Ramadan Sananta.

Di babak kedua, tiga gol tambahan bisa didapat Indonesia lagi. Ramadhan Sananta mencetak brace, serta satu gol dari Muhammad Fajar Fathur Rahman dan Titan Agung memastikan kemenangan 5-0.

Hasil ini membuat Indonesia memimpin Grup A dengan 6 poin hasil dua kemenangan, menyalip tuan rumah Kamboja (4 poin). Myanmar tetap di posisi tiga dengan 3 poin, diikuti Filipina (1) dan Timor Leste (0). Selanjutnya, Indonesia akan melawan Timor Leste pada Minggu (7/5).

Jalannya Pertandingan

Ancaman pertama datang dari Ramadhan Sananta di menit ke-5. Tandukannya, memanfaatkan crossing dari sisi kiri, membuat bola melayang ke atas gawang Myanmar.

Di menit ke-7, peluang didapat Myanmar lewat Oakkar Naing. Menguasai bola di kotak penalti, ia bisa mengecoh Muhammad Ferrari, sebelum menendang bola ke gawang. Ernando Ari membuat saves menggagalkannya.

Setelah jual beli serangan, gol akhirnya tercipta. Di menit ke-19, Marselino Ferdinan memecah kebuntuan Indonesia.

Menerima bola liar di luar kotak penalti, pemain KMSK Deinze itu melepaskan tendangan setengah voli, dan mengirim bola langsung masuk ke gawang Myanmar. Indonesia unggul 1-0.

Selepas unggul, Indonesia tampak nyaman menekan Myanmar. Peluang banyak ditebar barisan depan Indonesia, yang dipimpin Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, dan Fajar.

Tiga menit berselang, Indonesia punya peluang lagi mencetak gol. Kali ini lewat Fajar Fathur Rahman, namun sepakannya di depan gawang masih bisa ditepis kiper Myanmar, Pyae Phyo Thu.

Di menit ke-29, Indonesia mendapat penalti, usai Marselino dilanggar Shin Thant Aung. Ramadhan Sananta maju menjadi eksekutor, dan bisa menceploskan bola ke gawang Myanmar. Skor menjadi 2-0.

Setelah water break, ancaman masih terus ditebar Indonesia. Pergerakan Witan, Fajar, dan Marselino benar-benar menyulitkan Myanmar. Namun, belum tak ada gol tercipta sampai turun minum. Indonesia ungguli Myanmar 2-0 di babak pertama.

Di babak kedua, dominasi Indonesia masih berlanjut. Tekanan masih terus dilancarkan pasukan Indra Sjafri ke Myanmar.

Hasilnya, gol ketiga lahir di menit ke-59. Aksi individu Ramadhan Sananta mengacak-acak lini belakang lawan, diakhiri dengan sepakan yang mengarahkan bola masuk ke gawang Myanmar. Skor menjadi 3-0.

Usai unggul tiga gol, beberapa pergantian dilakukan Indonesia. Tenaga baru membuat kualitas permainan Indonesia tetap terjaga.

Hasilnya, pada menit ke-73, Fajar memperbesar keunggulan Indonesia lewat gol indah. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti mengirim bola bersarang ke pojok bawah kiri gawang Myanmar. Skor 4-0.

Pesta gol Indonesia akhirnya ditutup Titan Agung. Di menit ke-87, pemain yang baru masuk itu melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti, yang mengirim masuk bola ke gawang lawan. Kemenangan 5-0 Indonesia atas Myanmar menjadi hasil akhir laga kedua di Grup A SEA Games 2023 ini.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Taufany Muslihuddin, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Fajar Fathur Rahman

Myanmar: Pyae Phyo Thu, Thet Hein Soe, Zaw Win Thein, Yan Kyaw Soe, Ye Yiny Phyo, Htoo Myat Khant, Hein Htet Aung, Shin Thant Aung, Naung Naung Soe, Swan Htet, Oakkar Naing. (dtc)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar