Warga Batam Asal Sumbar 'Baralek Gadang', Ini Jadwal dan Rangkaian Acaranya

Ikatan Keluarga Minang Sumatera Barat. (dok)

TRANSKEPRI.COM.BATAM - Masyarakat Batam asal Sumatera Barat bakal menggelar agenda akbar Baralek Gadang 18-21 Mei mendatang, di alun-alun Engku Putri, Batam Centre.

Baralek Gadang ini sejalan dengan International Rumah Gadang Expo. Pagelaran berskala dunia ini bakal dihadiri oleh delegasi perantau Minang dari empat negara diantaranya, Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam dan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Seluruh masyarakat Batam asal Sumatera Barat jangan melewatkan acara ini. Hadrilah beramai-ramai, catat tanggal pengelenggaraannya yakni 18-21 Mei 2021. Rugi loh kalau tak datang," kata Ketua Umum Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam AKBP (Purn) H. Muhammad Maryon usai rapat evaluasi persiapan International Rumah Gadang Expo, Rabu, 4 Mei 2023 di Batam.

Dibeberkan Maryon, Baralek Gadang dalam rangka International Rumah Gadang Expo ini bakal diisi dengan sejumlah kegiatan antara lain,

Pertama, pameran UKM yang diikuti oleh delegasi perantau Minang asal Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam dan seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat.

Satu hal yang menggembirakan juga, expo ini juga diikuti oleh saudara-saudara kita dari paguyuban lainnya yang ada di Kota Batam.  

"Kita berharap ini jadi ajang promosi UKM dan pariwisata," katanya.

Selain pameran produk UKM lanjut Maryon, agenda Baralek Gadang juga dimeriahkan festival marandang (rendang) dan maarak jamba.

"Kalau ingin mencicipi rendang khas Minang Kabau yang tersohor ke seantero jagat raya ini maka pada momen festival inilah masyarakat bisa menikmatinya," katanya.

Tidak hanya itu imbuh Maryon, masyarakat Batam juga bakal hibur oleh artis top Minang. Mereka diantaranya, Nando Setoko, Fany Thrusdila, Kalek, Panjul dan Mak Ipin, Ajo Busyet dan Anroy.

Disamping itu, rangkaian acara International Rumah Gadang Expo juga diisi dengan jalan santai. Sebanyak 10 unit motor disiapkan untuk peserta jalan santai.

Sehubungan dengan falsafah urang Minang, Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, sambungnya, rangkaian Internasional Rumah Gadang Expo juga isi dengan tausiyah agama. Buya Gusrizal Gazahar dan Buya Ristawardi bakal mengisi pencerahan rohani kepada masyarakat.

Tidak ketinggalan juga dalam rangkaian International Rumah Gadang Expo, para pengurus IKSB periode 2022-2007 bakal dilantik secara resmi. (fur)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar