KRI Bima Suci Berlabuh di Pelabuhan Batu Ampar, Lantamal IV Batam Ajak Masyarakat Berkunjung

Lantamal IV menyambut kedatangan KRI Bima Suci-945, dalam rangka pelaksanaan kegiatan ASEAN Cadet Sail 2023, di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).transkepri.com/adri

TRANSKEPRI.COM.BATAM-  Lantamal IV  menyambut kedatangan KRI Bima Suci-945, dalam rangka pelaksanaan kegiatan ASEAN Cadet Sail 2023,  di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para Cadet (taruna) calon pemimpin Angkatan Laut masing-masing negara di ASEAN untuk berinteraksi dan bertukar pikiran sambil berlayar dan saat ini telah tiba di Batam.

Asean Cadet Sail merupakan program usulan TNI Angkatan Laut (TNI AL) pada 16th Asean Navy Chief Meeting (ANCM) diikuti oleh perwakilan cadet (taruna) dari negara ASEAN diantaranya Kamboja, Malaysia, Singapora, Thailand, Vietnam serta Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-68. Dimana setelah dari Batam, rencananya KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran untuk muhibah dalam rangka mendukung latihan Taruna AAL. Kapal ini akan menempuh jarak 25.871 Nautical mile dengan rute pelayaran : Surabaya-Batam-Srilanka-Oman-Arab Saudi-Mesir-Algeria-Perancis-Belanda-Inggris-Norwegia-Skotlandia-Jerman-Spanyol-Tunisia.

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani menyampaikan, bahwa pihaknya menyambut kedatangan KRI Bima Suci dalam rangka kegiatan ASEAN Cadet Sail yang merupakan kelanjutan dari ASEAN Cadet seminar.

"Jadi sebelum melaksanakan pelayaran mereka melaksanakan seminar terlebih dahulu di Akademi Angkatan Laut (AAL) dan seminar diikuti oleh perwakilan-perwakilan Taruna AL dari negara ASEAN kemudian dilanjutkan dengan ASEAN Cadet Sail," pungkasnya.

Lanjutnya, Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan, berinteraksi antar Taruna yang dimana mereka juga merupakan calon pimpinan di Angkatan Laut atau pimpinan angkatan bersenjata bahkan menjadi calon pemimpin dari negara-negara ASEAN nantinya.

"Kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan persahabatan dan kemudian juga untuk membuktikan hubungan antar negara sangat baik dan untuk menjamin bahwa kerjasama terutama antara angkatan bersenjata di negara ASEAN itu berjalan dengan baik," ucap Laksamana Pertama TNI Kemas.

Lanjutnya, KRI Bima Suci berada di Batam hingga hari Senin (10/04) mendatang. Sehingga pihaknya dapat memanfaatkan kesempatan ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat yang ada di Batam. Selain itu, pihaknya juga mengajak 32 siswa Pramuka Saka Bahari dan perwakilan dari beberapa sekolah yang ada di Batam agar supaya mereka lebih mencintai lingkungan lautnya.

Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani juga berharap, untuk kedepannya para siswa dapat berinteraksi dengan Taruna AAL serta berinteraksi dengan Taruna negara sahabat agar termotivasi.

KRI Bima Suci dibawah kepemimpinan Komandan Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, KRI Bima Suci akan berlayar selama 214 hari yang akan ditempuh sekitar tujuh bulan terhitung mulai bulan April hingga November 2023 mendatang, dengan pelayaran didalam negeri selama 32 hari dan 182 hari pelayaran diluar negeri.(adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar