Hadapi Idul Fitri 2023, KM Kelud Siap Layani Penumpang

Kepala Cabang PT Pelni Batam dan Nahkoda KM Kelud saat memberikan keterangan pers, Rabu (22/03/23). (transkepri.com/adri)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Kapal Motor (KM) Kelud PT Pelni, bersiap-siap menghadapi lonjakan penumpang menyambut mudik lebaran 2023. Diprediksi, lonjakan penumpang KM Kelud terjadi pada H-7 lebaran Idul Fitri 2023.

Kapal Motor (KM) Kelud tersebut berlayar dari Tanjung Priok, Batam, Tanjung Balai Karimun, dan Belawan.

Kepala  Cabang PT Pelni Batam, T. Muhammad Iqbal mengatakan, pihak nya telah memprediksi akan ada terjadi lonjakan penumpang Kapal Motor (KM) Kelud menjelang mudik Idul Fitri 2023. Oleh karena itu, pihaknya telah menambah kuota (Dispensasi) penumpang sebanyak 567 orang, dispensasi penumpang tersebut bedasarkan ketentuan yang diterbitkan Oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Karena tahun ini kita sudah bebas dari PPKM. Diprediksi pada H-7 lebaran Idul Fitri 2023 penumpang melonjak tinggi. Mengantisipasi lonjakan penumpang kami akan menambah kuota penumpang sebanyak 567 penumpang sesuai dengan izin yang diterbitkan oleh Kemenhub," ujar Charles, pada hari Rabu (22/03).

Ia juga menyampaikan, kepada masyarakat yang ingin melaksanakan mudik melewati jalur laut dengan menggunakan KM Kelud, calon penumpang wajib memenuhi syarat keberangkatan sebagai berikut, penumpang wajib mendownload aplikasi peduli lindungi, jika penumpang baru mendapatkan Vaksin ke 2 maka, calon penumpang wajib melampirkan surat Dokter, dan untuk calon penumpang yang sudah mendapatkan Vaksin ke 3, penumpang dapat langsung melanjutkan perjalanan. Syarat keberangkatan tersebut telah diatur dalam Surat Edaran (SE) Menhub nomor 83 tahun 2022.

"Aturan ini sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan. Jika calon penumpang belum mendapatkan Vaksinasi maka, calon penumpang tidak di izinkan untuk berangkat," jelas Kepala Cabang PT Pelni Batam.

Sementara, Nahkoda Kapal KM Kelud, Kapten Charles mengatakan, dalam persiapan arus mudik Idul Fitri tahun 2023, pihaknya telah mempersiapkan kelayakan kapal dengan sesuai standar pelayaran.

"Kami yang bertugas di KM Kelud ini sudah melaksanakan Uji Petik mengenai kelayakan berlayar dan keselamatan penumpang sebanyak 4 kali dari Direktorat Perhubungan. Hasil dari uji petik tersebut bahwa KM Kelud layak dan siap untuk berlayar," ucap Kapten Charles.

Ia juga menambahkan, untuk keamanan di KM Kelud, pihaknya telah menyiapkan sekuriti yang dimana petugas keamanan keliling melakukan pengecekan di seluruh wilayah KM Kelud sehingga para penumpang KM Kelud merasa aman dan nyaman selama berlayar.

"Kami menyiapkan petugas keamanan yang selalu standby dan melakukan pengecekan, sehingga situasi di KM Kelud tetap aman dan kondusif selama berlayar," pungkasnya. (adri)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar