Sikapi Cuaca Ekstrem, Polsek Bulang Bagi Life Jacket ke Nelayan

Seorang nelayan di Pulau Bulang menerima life jacket dari Kanit Binmas Polsek Bulang, Aiptu Lubnan, Jumat (03/02/23) (transkepri.com/wan)

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Menyikapi fenomena cuaca ekstrem akhir-akhir ini, Polsek Bulang memberikan life jacket atau jaket pelampung gratis, kepada para nelayan dan kepada penambang boat pancung di Pulau Bulang, Jumat (03/02/23).

Kapolsek Bulang, Ipda Nurdeni Rian mengungkapkan, untuk keselamatan dan keamanan masyarakat, berbagai upaya akan terus dilakukannya, agar masyarakat dapat mempersiapkan diri dengan alat keselamatan berlayar, jika melakukan aktifitas di laut.

"Melihat cuaca yang ektrem diminta ke para penambang boat pancung, para nelayan, ataupun untuk aktifitas masyarakat lainya, yang dilakukan dilaut, harus melengkapi dirinya dengan life jacket," kata Kapolsek Bulang.

Dan mengingat pentingnya life Jacket untuk keselamatan saat berlayar, ujar Kapolsek, maka jajaran Polsek Bulang tidak tinggal diam dan selalu berupaya untuk mengawasi dan melindunginya.

"Sehingga para nelayan, maupun para penambang boat pancung yang belum memiliki alat alat keselamatan berlayar akan diberikan life jacket secara gratis. Dengannya catatan harus digunakan," terang Kapolsek Bulang. 

Polsek Bulang pun berkomitmen untuk terus mengawal keselamatan berlayar masyarakat kedepannya. Sehingganya dapat menghindari ataupun mengatasi hal hal yang tidak diinginkan.

"Sudah banyak kejadian yang terjadi di laut belakang ini dan termasuk dengan kandasnya beberapa buah kapal besar kerena cuaca ekstrim. Ini tentu sangat mengkuatirkan. Makanya kami arahan supaya selalu melengkapi diri dengan life jacket, jika hendak berlayar," sebut Ipda Nurdeni Rian.

Penyerahan lifejacket dilakukan secara acak ke seluruh warga pulau yang ada di wilayah hukum Polsek Bulang.

Dan sebelumnya jajaran Polsek Bulang sudah melaksanakan sosialisasi, serta himbauan ke masyarakat, penggunaan alat keselamatan berlayar.

"Jika dikeadaan cuaca sangat ekstrim, masyarakat di minta supaya menunda dulu aktifitas penyeberangan, maupun melaut untuk mencari ikan. Sebab, hal itu tentu sangat berbahaya," paparnya.

Makanya, ujarnya, kita juga minta agar warga nelayan semua, aktif memantau perkiraan cuaca dari BMKG. "Ini untuk keselamatan kita semua. Ikuti arahan serta anjuran dari pemerintah," tegas Ipda Nurdeni Rian, alias Deni.

Seperti diketahui, dari wilayah hukum Polsek Bulang itu, merupakan daerah kepulauan. Ada banyak pulau di sana dan sebagian besar terhadap aktifitas masyarakatnya, berada di atas lautan. (wan)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar