Kalahkan Ajax 3-0, Liverpool Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions

Liverpool lolos

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Liverpool memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Itu setelah 'Si Merah' menang telak 3-0 atas Ajax pada Matchday 5.

Laga Ajax vs Liverpool berlangsung di Johan Cruijff Arena, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. Tuan rumah sempat menebar ancaman di awal pertandingan, namun penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang terbuang begitu saja.

Liverpool pelan-pelan menemukan ritme permainan dan berhasil mencetak gol pada menit ke-42 lewat Mohamed Salah. Skor 1-0 bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua, tim tamu menggebrak dan mendapatkan dua gol tambahan. Sundulan Darwin Nunez dan sepakan Harvey Elliott memberikan keunggulan yang nyaman buat Liverpool.

Kemenangan ini memastikan kelolosan Liverpool ke babak 16 besar Liga Champions. Pasukan Juergen Klopp mengoleksi 12 poin dari lima laga, tiga poin di belakang Napoli.

Ajax akan berebut tiket Liga Europa dengan Rangers, dengan keduanya berjarak tiga poin. Kedua tim ini akan berhadapan di Matchday 6 alias laga terakhir fase grup di Ibrox, Glasgow.

Jalannya Pertandingan

Liverpool nyaris kebobolan saat laga baru berjalan tiga menit. Ajax membangun serangan dari kiri dan Steven Berghuis berlari bebas setelah menerima sodoran dari Brian Brobbey. Dengan ruang tembak yang menganga, sepakan Berghuis cuma membentur tiang gawang!

Liverpool cukup kewalahan meladeni pressing agresif Ajax. Percobaan Berghuis pada menit ke-16 masih melebar. Sesaat berselang, sepakan keras Jorge Sanchez dari depan kotak penalti masih bisa diamankan Alisson Becker.

Liverpool mulai menemukan ritme permainannya. Umpan silang Andy Robertson pada menit ke-29 coba disambar Mohamed Salah dengan sepakan voli, namun masih membentur bek Ajax.

Robertson lolos di sisi kiri dan menerima umpan terobosan Roberto Firmino. Ia mencoba mengarahkan tembakan langsung, alih-alih memberikan umpan tarik, dan upayanya berakhir di samping gawang.

Hampir Liverpool kebobolan pada menit ke-36. Sapuan Joe Gomez membentur pemain Ajax dan menjadi peluang untuk tuan rumah, dengan Steven Bergwijn lolos di sisi kanan. Umpan silangnya diterima Dusan Tadic yang bebas di kiri dan sepakannya masih mampu diblok Trent Alexander-Arnold.

Harvey Elliott melakukan percobaan dari luar kotak penalti pada menit ke-41. Masih mudah untuk Remko Pasveer.

GOL! Liverpool memimpin pada menit ke-42. Jordan Henderson meloloskan diri di sisi kiri dan melepaskan umpan silang. Salah yang tak terkawal menyambut bola, dengan cerdik menaklukkan Pasveer yang maju dengan sedikit melob bola.

Tiang! Liverpool hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Robertson mengirim umpan silang dari kiri dan diterima Firmio di kanan.

Dalam posisi bebas, Firmino memilih mengoper lagi dan disambar Darwin Nunez di tiang jauh, namun cuma membentur tiang! Babak pertama berakhir.

GOL! Liverpool mengawali babak kedua dengan apik dan menambah keunggulan dari sepak pojok pada menit ke-49. Umpan Robertson ditanduk Darwin Nunez, berakhir di pojok kanan gawang.

GOL! Liverpool mencetak gol ketiga dua menit berselang. Umpan terobosan Salah diterima Harvey Elliott yang berlari bebas di sisi kanan. Ia menuntaskan tusukanya dengan tembakan keras kaki kanan yang tak kuasa dihalau Pasveer.

Ajax mencoba menghidupkan kembali permainan. Upaya Bergwijn pada menit ke-65 masih melambung. Dua menit berselang, sambaran Kenneth Taylor menyambut umpan silang Tadic juga belum menemui sasaran.

Ajax membangun serangan dari kiri dan Tadic lolos. Tapi upayanya mengirim umpan silang terpotong oleh kaki Joe Gomez. Sepak pojok tak membuahkan apapun buat tuan rumah.

Ajax kembali membuang peluang pada menit ke-85. Jurrien Timber merangsek dan melewati sejumlah pemain, namun sepakannya cuma melenceng ke kiri gawang.

Skor tak berubah lagi sampai pertandingan usai. Ajax 0-3 Liverpool.

Statistik Ajax vs Liverpoo

Susunan pemain:

Ajax: Remko Pasveer; Jorge Sanchez, Jurrien Timber, Daley Blind (Owen Wijndal 58'), Calvin Bassey; Davy Klaassen (Mohammed Kudus 58'), Edson Alvarez (Florian Grillitsch 85'), Steven Berghuis (Francisco Conceicao 85'); Steven Bergwijn, Brian Brobbey (Kenneth Taylor 63'), Dusan Tadic

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 87'); Jordan Henderson (James Milner 71'), Fabinho (Stefan Bajcetic 71'), Harvey Elliott (Fabio Carvalho 71'); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Darwin Nunez (Curtis Jones 63'). **


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar