Sudah 1.000 Lebih Meninggal Akibat Virus Corona


 

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Sudah lebih dari 1.000 orang meninggal akibat wabah virus coronaWuhan (2019-nCoV) global. Jumlah orang yang terinfeksi virus ini melebihi angka 42 ribu pasien. Namun hingga saat ini belum ada yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

Sebuah penelitian memprediksi virus corona sudah masuk ke Indonesia, namun tidak terdeteksi. Meski begitu, perwakilan dari WHO, dr Vinod Kumar menegaskan semua prosedur dan praktik yang dilakukan di Indonesia sudah sesuai dengan guideline.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Anung Sugihantono Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pun menjelaskan kemungkinan virus corona baru belum masuk Indonesia.


Ini mungkin ya, karena ilmiahnya masih harus dibuktikan. Mungkin memang kita mempunyai kekebalan tertentu pada penyakit tertentu. Imunitas kita berbeda pada penyakit tertentu," katanya saat ditemui di Gedung Layanan Badan Litbangkes, Selasa (11/2/2020).
Ia juga menyebutkan data terbaru terkait 78 WNI yang ada di kapal pesiar Jepang dinyatakan negatif.

"Jadi maksud saya mari kita berpikir secara rasional, ini ada di dalam satu kapal loh kalau WNI kita yang ada di Wuhan itu masih satu provinsi luas banget. Tapi di dalam satu kapal, seminggu di situ, sudah ada yang sakit di situ, kalau ngomong (penularan melalui) airbone kira-kira sakit semua gak. Kalau ngomong droplet ini ada yang office boy ada waitress, mestinya saya ngelayani ke kamar (tertular), masih banyak yang harus kita pelajari, mesti bijak lah," jelasnya.(007)

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar