Ternyata Nabi Muahmmad Suka Makan Semangka, Ini Khasiatnya

Semangka

TRANSKEPRI.COM.BATAM- Semangka merupakan salah satu buah favorit Nabi Muhammad SAW. Selain rasanya enak, ternyata buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kecintaan Nabi Muhammad SAW dengan buah semangka ini pernah dijelaskan dalam beberapa hadis. Salah satunya sebagaimana yang dijelaskan oleh sang istri, Aisyah Ra:

"Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab (kurma muda),". (HR At-Tirmidzy Nomor 1843, dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih At-Tirmidzy Nomor 1843).

Buah semangka memiliki rasa yang manis dan segar, maka tak heran Nabi Muhammad SAW menyukainya. Bukan hanya itu, semangka juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat buat semangka ini juga pernah dijelaskan dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al Qurtubi menuliskan dari Ali Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Ya Ali, rajinlah makan buah semangka karena airnya dari air surga dan rasanya manisnya adalah rasa manis surga,".

Dijelaskan pula bahwa setiap hamba yang memakan satu suap saja buah semangka, maka Allah SWT akan memasukkan ke dalam perutnya 70 macam obat dan mengeluarkan dari perutnya 70 macam penyakit.

"Untuk satu suap, Allah SWT mencatat untuknya 10 kebajikan dan menghapus darinya 10 keburukan dan mengangkatnya 10 derajat,".

Dalam riwayat tersebut dijelaskan bahwa mengonsumsi buah semangka tidak hanya akan mendapat manfaat kesehatannya saja, tetapi juga mendapat pahala dari Allah SWT.

Menurut Ibnu Qoyyim, buah semangka yang dimaksud dalam hadis adalah buah semangka yang dagingnya berwarna hijau. Semangka hijau disebut-sebut lebih cepat dicerna oleh lambung.

Bahkan lebih cepat dari mentimun. Selain itu, juga lebih cepat bercampur dengan makanan yang ada di perut. Ibnu Qoyyim juga menyarankan untuk makan buah semangka sebelum makan.

Sama seperti yang dijelaskan oleh banyak dokter dan ahli gizi, makan semangka sebelum makan bisa mencuci perut dan mencegah dari berbagai penyakit.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam 100 gram semangka mengandung kadar air sebanyak 91%. Selain itu, juga terdapat vitamin C sebanyak 8.1 mg.

Juga dikemas dengan kalium, tiamin, magnesum. Sementara untuk seratnya ada banyak 0.4 gram dan protein sebanyak 0.6 gram. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar