Khusus Jemaah Haji Aceh Dapat Uang Rp4,5 Juta saat di Mekah

Ilustrasi: Jemaah haji

TRANSKEPRI.COM.ACEH- Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal menyebutkan 1.988 jemaah haji asal Aceh mendapatkan uang dari dana wakaf Baitul Asyi di Makkah, Arab Saudi, dengan nilai 1200 Rial Arab Saudi atau Rp4,5 juta per jemaah.

Dana Baitul Asyi (wakaf rumah aceh) tersebut akan diberikan ke jemaah setelah dua hari berada di Makkah. Mereka nantinya akan diarahkan oleh panitia untuk pengambilan dana tersebut.

"Wakaf Baitul Asyi mendapat 1200 SAR per jemaah, sekitar Rp4,5 juta. Itu diserahkan di Makkah di hotel masing-masing, diterima setelah dua hari ketibaan di Makkah," kata Iqbal, Selasa (14/6).

Pengambilan dana wakaf itu nantinya akan diserahkan oleh panitia ke jemaah haji langsung dan tidak boleh diwakilkan oleh pihak manapun.

"Tidak boleh diwakili pihak manapun, diserahkan oleh pengurus/nazir wakaf Habib Bugak Asyi," katanya.

Diketahui wakaf yang usianya lebih dari dua abad ini selalu diberikan kepada setiap jamaah haji asal Tanah Rencong ketika menunaikan ibadah haji ke Makkah.

Untuk tahun ini, Aceh memberangkatkan sebanyak 1.988 jamaah haji. Untuk kloter pertama sebanyak 192 jamaah hari ini, Selasa (14/6) sudah mulai masuk embarkasi Banda Aceh.

Mereka akan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi pada Rabu di hari nanti melalui Bandara Sultan Iskandar Muda. (tm)

 

 


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar