Jenazah Putera Ridwan Kamil Diterbangkan ke Indonesia

Eril, Putera Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/9).

Hal itu disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (9/6). Ia menambahkan, jenazah Eril akan dimakamkan pada Senin (13/6).

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," ujar Ridwan Kamil.

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, memastikan jenazah Eril akan diperlakukan sesuai syariat Islam.

"KBRI memastikan bahwa penghormatan kepada Eril terpenuhi dalam syariat Islam," ujar Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Muliaman mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus mendampingi seluruh keluarga Ridwan Kamil selama berada di Swiss untuk mengurus pemulangan jenazah Eril.

Ia menjabarkan saat ini Kepolisian Bern tengah menyampaikan berkas-berkas terkait ke pengadilan sebagai instansi yang paling berwenang untuk menyerahkan jenazah Eril kepada keluarga.

Sementara itu, keluarga Ridwan Kamil akan menindaklanjuti penyerahan jenazah Eril dengan melakukan pemenuhan hak Eril yang wafat sebagai muslim.

"(Jenazah Eril) akan disucikan, dikafani, disalatkan dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, Kamis (9/6).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan jenazah Eril kini sudah berada di Insel Hospital untuk disemayamkan.

Selanjutnya, setelah diproses hingga dibersihkan sesuai syariat Islam, jenazah Eril akan diterbangkan ke Indonesia untuk dimakamkan oleh pihak keluarga.

Eril dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare pada 26 Mei lalu. Ia terseret arus sungai yang cukup deras. Ridwan Kamil yang kala itu tengah kunjungan ke Inggris kemudian datang ke Swiss untuk memantau langsung pencarian putranya.

Pada akhir pekan lalu, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya, memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Mereka mengaku ikhlas dan yakin Eril telah meninggal dunia.

Meski demikian, proses pencarian Eril terus dilakukan sampai jasadnya ditemukan. Dua pekan setelah hilang di Sungai Aare, jenazah Eril akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6) di Bendungan Engelhalde, Bern, pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB. Mengetahui hal itu, Ridwan Kamil langsung berangkat lagi ke Swiss. (tm)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar