Satu Waga AS Turut Bersama WNI yang di Observasi di Natuna

WNI dari Wuhan sampai di Batam untuk Diobservasi di Natuna. Di rombongan tersebut terdapat satu warga AS

TRANSKEPRI.COM.JAKARTA- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan ada satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika Serikat dari Wuhan, China, yang ikut diobservasi di Pulau Natuna, terkait wabah Virus Corona.


Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu meminta kasus itu tak terlalu dipersoalkan.

" 238 orang yang diobservasi ada identitasnya, tapi kita harus senyap, kita keepngapain juga dipersoalkan? Kan semua dalam observasi," ujar dia, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Rabu (5/2).


Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut 243 orang diobservasi di Natuna. Mereka terdiri dari 237 WNI, 1 WNA, dan 5 orang Tim Aju Kemenlu. WNA yang ikut dievakuasi dari Wuhan itu diketahui merupakan suami dari salah satu WNI yang diobservasi.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati enggan merinci jenis kelamin, usia, maupun status WNA yang ikut diobservasi tersebut.

Dia hanya menyebut WNA tersebut ikut diobservasi karena keluar dari wilayah yang sedang dalam karantina, yakni Wuhan.

"Dari pak Anung (Dirjen Pencegahan dan Pengenalian Penyakit Kemenkes), satu orang itu warga US (United States). Observasi untuk satu WNA itu sama dengan yang dilakukan seperti yang lain," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kondisi semua orang yang sedang menjalani observasi di Natuna dalam keadaan baik, tidak ditemukan kenaikan suhu tubuh, maupun gejala infeksi virus corona.

"Petugas-petugas kesehatan juga melakukan disinfeksi ke tenda-tenda tempat tinggal serta bagian luar dan dalam observasi secara rutin 2 kali sehari," lanjut Widyawati.

Keberadaan WNA itu juga dikonfirmasi melalui foto dan rekaman video amatir dari petugas kesehatan Kemenkes di Natuna. Tampak seorang pria bule ikut bermain engklek bersama beberapa perempuan yang tampak seperti WNI di depan hanggar di Natuna.(009)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar