Dinkes PPKB Anambas Gelar BAIN, Ini Tujuannya

Kegiatan bulan imunisasi anak nasional

TRANSKEPRI.COM.ANAMBAS- Dinas Kesehatan  dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas taja Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN 01 Tarempa  Rabu (18/5/2022).

Plt Kepala Dinkes PPKB  Yessy  Ariessandy, S. Farm, Apt mengatakan,  akibat mewabahnya covid- 19, cakupan imunisasi rutin untuk Anak Usia Dini (AUD) usai 05 tahun menjadi rendah dibanding sebelum pademi terjadi. 

"Untuk mengejar kekurangan itu, pemerintah menyelenggarakan BIAN dalam rangka pekan Imunisasi dunia yang dicanangkan oleh WHO," ujar Yessy. 

Wanita berhijab itu menyampaikan, sekitar 800 ribu anak diseluruh Indonesia beresiko lebih besar tertular penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin seperti difteri, tetanus, campak, rubella dan polio. Berdasarkan data rutin terbaru Kementrian Kesehatan  RI, cakupan imunisasi dasar lengkap telah menurun  secara signifikan, sejak awal pademi covid 19, dari 34,2 persenpada tahun 2020 menjadi 79,6 persen pada tahun 2021.

"Penurunan cakupan imunisasi rutin baru-baru ini disebarkan oleh berbagai faktor termasuk gangguan rantai pasokan, aturan pembatasan kegiatan, dan berkurangnya ketersediaan tenaga kesehatan, yang menyebabkan penghentian sebagian layanan vaksinasi pada puncak pademi covid 19," tuturnya. 

Lebih jauh Kak Yessy Panggilan akrabnya mengungkapkan, dengan momentum pelaksanaan pekan Imunisasi dunia ini diharapkan dapat meningkatkan semangat tenaga kesehatan masyarakat dan jajaran pemerintah daerah maupun mitra pembangunan, menjalankan program imunisasi demi tercapainya tujuan keluarga Indonesia yang sehat dan berkualitas.

"Tahap 1 pelaksanaan BIAN akan dimulai pada Mei 2022 disumatra, Kalimantan Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, Sedangkan tahap II akan berlangsung  pada Agustus 2022 dijawa dan Bali," bebernya. 

Dari perhitungan dan estimasi tambah Yessy, sasaran BIAN di Kepulauan Anambas  antara lain yakni campak 13.600 anak, dasar IPV 1.900 anak, sasara OPV833  anak, dan DPTHBHIB 379 anak. 

"Untuk kegiatan sendiri dilaksanakan selama bulai Mei 2022 bertempa diseluruh Posyandu, SD dan SMP Se Anambas," jelasnya. 

Pada kesempatan itu ia juga menghimbau kepada semua orang tua untuk memeriksa buku KIA, dan memastikan jadwal imunisasi anak dapat tepat waktu.(002)


[Ikuti TransKepri.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar